Geotekstil(Geotextile) – Geoforce Indonesia

0
922

GEOTEKSTIL (GEOTEXTILE)

Geotekstil adalah lembar menerus woven, non woven, knitted atau stich-bonded fibre atau benang. Lembaran ini fleksible dan dapat dialiri air (permeable). Secara umum memiliki tampilan bentuk seperti kain (fabric). Geotekstil digunakan untuk separator, filter, drainasi, perkuatan, dan kontrol erosi. Produk-Produk Geotekstil tersebut antara lain:

GeoTekstil – GLOBALTEX NON WOVEN

geotextile-geoforce-indonesia

GLOBALTEX NON WOVEN

GlobalTEX Non Woven sebagai produk unggulan geotekstil tipe non woven, telah didesain dan diproduksi melalui pengalaman panjang. Dukungan pengetahuan teknologi produksi dan pengetahuan bidang geoteknik yang sangat memadai telah menghasilkan produk geotektile yang unggul. Produk yang dikeluarkan telah sesuai dengan peruntukan/aplikasi lapangan di bidang mekanika tanah. Melalui riset dan uji coba setiap meter persegi GlobalTEX Non Woven yang dihasilkan dan dikirim ke klien-klien kami mempunyai keunggulan yang jauh di atas produk-produk lain sejenis, antara lain :

a. GlobalTEX Non Woven berfungsi baik sebagai separator, karena memiliki kekuatan jebol (puncture resistance) yang tinggi untuk menjamin material tidak rusak pada saat pelaksanaan. Fungsi separator adalah sebagai media pemisah antara dua lapisan material yang berbeda propertisnya sehingga tidak tercampur (intermixing). Sehingga material timbunan yang propertisnya jauh lebih baik tetap terjaga selama masa pelayanan.

b. GlobalTEX Non Woven berfungsi baik sebagai filter dan drainasi, karena memiliki bukaan pori yang relatif kecil namun memiliki permeabilitas yang tinggi. Global TEX Non Woven berfungsi sebagai penahan butiran tanah yang baik, namun tetap memungkinkan aliran air tidak terganggu. Kriteria ini sangat penting saat diaplikasikan untuk drainasi yang menuntut tidak terjadinya penyumbatan (clogging) pada media drainasinya karena akumulasi lolosnya butiran tanah dalam jumlah besar. Demikian juga pada saat diaplikasikan pada konstruksi filter di bawah rip-rap, GlobalTEX Non Woven dengan baik menahan butiran tanah/pasir namun tetap memungkinkan aliran air sama sekali tidak terganggu sehingga tidak akan terjadi peningkatan tekanan hidrostatis dan hidrodinamis air yang mengganggu stabilitas timbunan.

c. GlobalTEX Non Woven walaupun tidak didesain khusus untuk perkuatan, namun untuk mendukung fungsi sebagai separator juga didesain memiliki kuat tarik yang cukup memadai. Sehingga selain fungsi utamanya sebagai separator GlobalTEX Non Woven juga memberikan fungsi perkuatan. Sebagai efek membrane perkuatan di bawah timbunan untuk aplikasi jalan misalnya akan dengan baik diberikan oleh GlobalTEX Non Woven.

d. GlobalTEX Non Woven yang memiliki puncture resistance yang tinggi juga berfungsi sebagai lapis proteksi geomembrane. Geomembrane adalah bahan sintetis sebagai lapis kedap, dimana karena karakteristiknya sangat rentan terhadap bahaya tusukan oleh bahan statis ataupun dinamis. GlobalTEX Non Woven memberikan fungsi pelindung maksimal sehingga geomembrane akan berfungsi dengan maksimal sebagai lapis kedap selama masa oprasionalnya.

GeoTekstil – GLOBALTEX WOVEN

geotextile-woven

GLOBALTEX WOVEN

GlobalTEX Woven adalah produk geotekstil tipe woven yang tersusun dari anyaman silt film tape polypropylene. Penggunaan geotekstil tipe woven yang sangat luas di Indonesia mendorong terus ditingkatkannya kualitas produk. GlobalTEX Woven diproduksi dengan menggunakan mesin yang dikhususkan untuk produk-produk geotekstil. Dengan didukung pengetahuan geoteknik terbaik juga peralatan produksi yang canggih menghasilkan produk terbaik dan tahan terhadap berbagai kondisi tanah.
GlobalTEX Woven memiliki keunggulan antara lain :

a. Struktur anyaman yang kekar (double twist) dari GlobalTEX Woven menjamin tidak akan mudah koyak atau robek pada saat dipasang di lapangan. Parameter ini sangat penting pada saat geotekstil digunakan sebagai separator atau lapisan pemisah. Karena jika material pemisah ini sudah koyak pada saat pemasangan, maka fungsi separator akan terganggu.

b. Bentuk permukaan dari GlobalTEX Woven yang sangat unik memberikan koefisien geser (pull out resistance) besar ketika dipasang pada tanah kohesif sekalipun. Parameter ini akan berpengaruh terhadap panjang penjangkaran yng diperlukan untuk aplikasi perkuatan. Semakin kasar permukaan, maka panjang penjangkaran semakin pendek demikian juga sebaliknya. Hal ini akan memberikan keuntungan ekonomi yang signifikan.

c. Kandungan carbon black sebagau uv stabilizer pada saat pembuatan silt film sebagai bahan GlobalTEX Woven memberikan ketahanan yang cukup lama sampai ditimbun atau tertutup oleh vegetasi. Faktor ini sangat penting karena tidak jarang pada aplikasi-aplikasi tertentu matetrial ini harus dibiarkan terekspose sinar matahari dalam waktu cukup lama.
Kuat tarik adalah parameter penting untuk aplikasi perkuatan, karena proses produksi yang canggih GlobalTEX Woven memberikan kuat tarik maksimal pada berat bahan minimal. Hal ini memberikan keuntungan ekonomis yang besar untuk mendapatkan tingkat keamanan struktur yang diharapkan.

geotex-non-woven-pemasangan-semarang-2016
Pemasangan Geotekstil Semarang – Indonesia 2016
geotex-non-woven-pemasangan-teluk-meranti-riau-2015
Pemasangan Geotekstil Teluk Meranti, Riau – Indonesia 2015

Geosynthetics Engineering

GEOFORCE INDONESIA – Geosynthetics Engineering

Product Spesification – please contact us
Viby Indrayana 08117676726; 081293617419

viby-indrayana-2018

Baca juga ini:

 

Facebook Comments