Reaksi & Komentar Rencana Demo Aksi 212

1
899

Saya rasa kita semua sependapat bahwa persatuan dan keutuhan NKRI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar tawar lagi, segala bentuk dan upaya untuk memecah belah bangsa Indonesia harus dihapuskan di bumi pertiwi ini. Setuju!

Lantas bagaimana kita mesti mensikapi rencana aksi demo 212 besok?
Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak asasi manusia yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 yang diatur UU No. 9 Tahun 1998 serta Deklarasi Universal Hak-Hak AsasiManusia. Tentu kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum tetap harus bertanggung jawab yaitu dilakukan dengan aman, tertib dan damai. Kita wajib menjaga, mengantisipasi adanya pihak-pihak tertentu yang berusaha masuk berbaur dengan para demontran, dan menciptakan kekacauan. Ini yang bahaya! – cepagram.com

gatot
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo setelah memberikan kuliah di UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, 29 November 2016. TEMPO

Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo menyindir soal rencana Aksi Bela Islam III. Menurut Gatot, rencana aksi tersebut hanya merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang sudah terjalin lama.

“Saya dengar ada ajakan ‘mari kita demo melindungi Al-Quran’. Baca Surat Al-Hajr ayat 9, yang melindungi Al-Quran itu Allah, justru manusia yang harus berlindung kepada Al-Quran. Jangan dibalik-balik,” kata Gatot di UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Selasa, 29 November 2016.

Aksi Bela Islam pada 4 November, kata Gatot, itu menunjukkan Indonesia sebagai umat Islam yang demokratis, damai, dan sejuk. Permintaan pendemo, menurut dia, sudah dikabulkan dengan penetapan Basuki Tjahaja Purnama sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama. “Apa lagi yang diminta?” ujarnya.

Menurut Gatot, alasan aksi untuk melindungi kitab suci malah berisiko merusak persatuan bangsa. “Ini berbahaya,” tuturnya.

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI menggelar Aksi Bela Islam pada 4 November 2016. Aksi, yang awalnya berjalan damai hingga sore hari, berakhir rusuh pada malam harinya. Aksi ini menuntut kepolisian mengusut kasus Basuki yang diduga menistakan agama tatkala berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Basuki pun ditetapkan sebagai tersangka. Aksi tak berakhir. Pada 2 Desember 2016, GNPF MUI bakal menggelar Aksi Bela Islam III untuk menuntut agar Basuki ditahan. Aksi yang rencananya digelar di sepanjang Jalan Sudirman-M.H. Thamrin itu akhirnya bakal digelar di pelataran Monas. tempo.co

Fadli Zon: Kalau saya di Jakarta pasti saya ikut …

fadli-zon-212Berikut cuplikan pernyataan dari Fadli Zon terhadap rencana Aksi 212 – detik.com

“Kalau saya ada di Jakarta saya pasti ikut, tapi saya harus jadi pembicara di konferensi internasional di Panama terkait Panama Papers. Ini tugas dari DPR, dan setelah itu saya memang ada kunjungan kerja ke Kuba pada hari pemakaman Fidel Castro memang sudah direncanakan juga sekaligus menyampaikan condolences,” kata Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016). 

“Saya kira demo itu sudah ada kesepakatan antara polri dengan panitia dan dari GNPF MUI saya kira itu sangat bagus. sehingga tidak ada lagi syak wasangka, kecurigaan, mau makar, dan sebagainya. Saya meyakini bahwa demo dari masyarakat terutama yang mau digerakkan ulama para habib ini adalah demo damai. Jadi menurut saya bagus sekali kalau dihadiri para petinggi, saya kira itu menyelesaikan masalah-masalah kegentingan yang terjadi beberapa pekan ini,” kata dia 

“Saya kira gathering ini Insya Allah akan damai, kita pertahankan kedamaian. Jangan sampai ada kekisruhan, jangan sampai ada agenda-agenda terselubung yang membuat kita terpecah belah,” kata dia

Mendagri Tjahyo Kumolo: Tidak benar saya mendukung ..

mendagri-tjahyo-kumolo
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto JPNN.com

“Tidak benar saya mendukung aksi 2 Desember. Prinsipnya yang saya pahami sebagaimana arahan Kapolri, bahwa tidak ada demo,” tutur Tjahjo, Selasa (29/11).

“Demikian juga partai-partai politik, anggota dan pengurusnya juga akan melaksanakan doa bersama. Nah kepolisian serta TNI ikut menjaga doa bersama, agar tertib,” pungkas mantan anggota DPR ini.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membantah pemberitaan seolah-olah mendukung rencana aksi unjuk rasa 2 Desember.

Tjahjo mengaku, secara khusus telah meminta kepala daerah agar mengimbau warganya tidak hadir berunjuk rasa ke Jakarta. jpnn.com

 

Komentar tokoh-tokoh yang lain … (updating)

Bagaimana dengan komen anda tentang Aksi 212 ini?
Silahkan komen yang bertanggung jawab di tempat komen di bawah ini,

Jangan kemana-mana tetaplah bersama cepagram.com – yang selalu memberikan info terkini dengan gamblang dan jelas asal usulnya.

Baca juga ini:

Berangkat Kamis Malam, 212 Ajang Silaturahmi Umat Islam

Polisi Terus Melobi KSPI, Minta Rencana Demo 2 Desember Ditunda

Berita Terkini Hari Ini: Demo 212 Agar Ahok Ditahan Bukanlah Makar

Ini Rute yang Akan Dilintasi Massa Saat Aksi Damai 2 Desember

 

editor: lea

Facebook Comments

1 COMMENT

  1. Teruslah berdemo sampaikan aspirasi,mari kita tuntut keadilan hukum jangan tumpul keatas tajam kebawah,semua mendapat perlakuan sama dalam hukum. ini adalah pembelajaran bagi semua elemen anak bangsa agar introspeksi. Jangan bermain politik demi kepentingan golongan tapi kepentingan rakyat adalah segalanya.

Comments are closed.