Market Outlook 2017 – GEAR UP!

0
506
Macau Tower

Market Outlook 2017 – GEAR UP!

Pada kesempatan ini kami kembali menghadirkan panduan investasi berupa Market Outlook 2017 sebagai bagian dari kontinuitas layanan kami dalam hal strategi dan rekomendasi saham untuk mengoptimalkan imbal hasil investasi Anda sekalian. Ini juga merupakan bentuk hormat dan apresiasi kami kepada Anda, Para Nasabah, sebagai mitra kami selama lebih dari 23 tahun di pasar modal Indonesia.

Sejumlah tantangan dan ketidakpastian masih mengancam pasar keuangan Indonesia, antara lain rencana kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) dan kebijakan fiskal Presiden Donald Trump. Rencana pemotongan pajak dan pembangunan infrastruktur yang masif di AS akan mendorong inflasi, sehingga semakin memperbesar kemungkinan kenaikan suku bunga AS dengan lebih agresif. Selain itu, rencana pengkajian ulang terhadap kebijakan perdagangan bebas juga akan mempengaruhi ekspor dan impor negara berkembang. Hal-hal ini kami lihat akan cenderung mewarnai pasar modal Indonesia setidaknya hingga awal tahun depan.

Adapula optimisme kami di tahun depan datang dari rata-rata harga komoditas yang kami lihat akan lebih tinggi dari tahun ini, dimana perekonomian Indonesia sangat bergantung pada komoditas, antara lain batubara, CPO, dan basemetal. Sementara itu, proyek infrastruktur pemerintah yang terus berlanjut juga dapat mendorong aktivitas ekonomi. Oleh karenanya, kami perkirakan sektor yang berpotensi Outperform di 2017 adalah sektor yang terkait komoditas (batubara dan CPO), konsumsi (staples, retail, poultry dan healthcare) dan infrastruktur (construction, precast dan telekomunikasi). Kami menargetkan IHSG di 2017 mencapai 6.000, merefleksikan 17,1x PE.

IHSG berpotensi mengakhiri Sideways yang telah terjadi sejak tahun 2011 dan melanjutkan Uptrend yang telah terjadi sejak 2008. Berdasarkan pergerakan historis, IHSG berpeluang mengakhiri Sideways di 1Q17 dan mengawali Uptrend di 2Q17. Dengan melanjutkan Uptrend, secara teknikal, IHSG dapat naik hingga mencapai level 6,100 di akhir 2017 atau naik 20% sesuai rata – rata pergerakan tahunan sejak 2011.

Semoga dengan panduan investasi ini, kita dapat terus berjalan bersama dan menggapai sukses di tahun depan. Kami selalu terbuka untuk segala saran dan diskusi yang akan membuat kami lebih baik lagi dalam melayani Anda.

Ebook Market Outlook 2017 – GEAR UP!

samuel sekuritas

Facebook Comments