Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Segera Dimulai

0
374
Gambar Design Bandara Syamsudin Noor - liputan6.com

Pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Hingga 2047

Pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin akan dimulai pada Maret tahun ini.

Perluasaan terminal kargo juga dilakukan menjadi seluas 5.000 m2, dari kondisi saat ini yang hanya seluas 802 m2.

“Mengantisipasi pergerakan barang yang terus meningkat dengan rata-rata peningkatan 10 persen per tahunnya, pembangunan akan terus dilakukan hingga tahap empat yaitu pada 2047,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Pada tahun tersebut, kata Budi ditargetkan Bandara Syamsuddin Noor sudah memiliki terminal penumpang seluas 103.953 m2, yang bisa menampung hingga 12 juta penumpang pertahunnya.

Karena itu, mantan dirut AP II ini meminta dukungan Pemda untuk membangun akses jalan menuju bandara, sehingga pada saat bandara selesai dikembangkan pada 2019, jalan sudah jadi.

Di samping itu, Budi mengingatkan kepada PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandara, agar berhati-hati dan selalu memperhatikan aturan-aturan yang berlaku, serta selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

Tujuannya untuk menghindari konflik sosial yang bisa menghambat pembangunan.

“Kalau melakukan pembangunan itu bukan keinginan kami saja. Banyak stakeholder, pemilik tanah, kemampuan keuangan, pasar, regulasi. Kan kami bukan negara diktator. Tidak boleh memaksakan kehendak. Makanya saya minta AP I hati-hati supaya jangan terjadi konflik sosial dan melanggar hukum,” tandas Budi.(chi/jpnn) – jpnn.com

 

Facebook Comments