Riset Ekonomi Hari Ini 16/02/2017

0
305
Image: CEPA Anniversary V 2017

Berita Global

·         Yellen mengatakan bahwa the Fed akan mempertimbangkan apakah menaikkan suku bunga pada pertemuan-pertemuan yang akan datang. (Reuters)

·         Inflasi AS naik ke 2,5% YoY dari 2,1% YoY sementara inflasi inti naik ke 2,3% YoY dari 2,2% YoY di Jan17. (Bloomberg)

·         Capacity Utilization AS turun ke 75,3% dari 75,6% di Jan17. (Bloomberg)

·         Empire Manufacturing AS naik ke 18,7 dari 6,5 di Feb17. (Bloomberg)

Berita Domestik

·         Rerata hasil hitung cepat pilkada DKI Jakarta dari 8 lembaga survei menempatkan Ahok-Djarot dengan 43,09% suara sementara Anies-Sandi 39,6%. Agus-Sylvi memperoleh 17.31% dan otomatis tersingkir. Pilkada putaran kedua dijadwalkan 19 Apr17 mendatang. (Kontan)

·         Kementerian ESDM memastikan rekomendasi izin ekspor konsentrat PT Freeport Indonesia diterbitkan pekan depan. (Investor Daily)

·         Menko Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, tidak perlu ada insentif khusus kepada PT Freeport Indonesia. (Kompas)

·         Pemerintah sekarang sedang menyiapkan kredit super mikro, yang merupakan penyaluran modal usaha bagi masyarakat miskin. (Antara)

Yellen hawkish, UST anjlok. Yield UST 10y naik signifikan dua hari terakhir setelah Yellen menunjukkan kepercayaan diri untuk kembali menaikkan FFR target dan juga inflasi AS Jan17 yang diumumkan naik tajam ke 2,5% YoY. Dollar index juga ikut menguat walaupun tidak signifikan bahkan mulai melemah di perdagangan semalam. Fokus pasar masih tertuju pada rencana rilis kebijakan insentif pajak Trump dalam waktu dekat.

Pilkada Jakarta 2 putaran, hasil RDG BI ditunggu. Rupiah stabil di perdagangan Selasa, sehari menjelang tutupnya pasar keuangan pada saat pilkada serentak di berbagai provinsi. Intensitas ketidakpastian politik akan mereda sesaat, tetapi berpeluang kembali dan bertahan hingga pilkada putaran kedua yang dijadwalkan 19 Apr17 mendatang. Siang ini ditunggu neraca perdagangan Jan17 yang diperkirakan sedikit menipis surplusnya. Tetapi, pertumbuhan ekspor diperkirakan masih tinggi, menandakan pengaruh positif dari kenaikan harga komoditas. Di sore hari ditunggu hasil RDG BI yang diperkirakan mempertahankan BI RR rate di 4,75% – penting ditunggu respon BI terhadap inflasi yang naik signifikan serta pandangan hawkishYellen. Ruang apreasiasi rupiah mulai terbatas.

Riset Ekonomi Harian
Rangga Cipta – Economist

Facebook Comments