Berita Ekonomi Hari Ini

0
352

Riset Harian Riset Ekonomi Samuel

Berita Global

·         Euro zone consumer confidence memburuk ke -6,9 dari -4,9 di Jan17. (Bloomberg)

Berita Domestik

·         Freeport-McMoRan Inc. mengancam akan membawa masalah dengan pemerintah Indonesia ke arbitrase internasional. (Retuers)

·         Pemerintah Indonesia menawarkan 3 opsi kepada Freeport sebagai upaya mencari titik temu. (Detik)

·         Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, jalan tol Solo-Ngawi akan dapat dilalui kendaraan pada Lebaran tahun 2017. (Antara)

·         Pemerintah berencana mengarahkan perolehan dana dari program tax amnesty ke pembiayaan proyek jalan tol Trans Sumatera. (Detik)

·         KPPU memutuskan PT Yamaha Motor Indonesia Manufacturing dan PT Astra Honda Motor terbukti mengatur harga sepeda motor matik. (Kontan)

·         Pemerintah berjanji segera menstabilkan harga gabah di tingkat petani yang terus anjlok akibat curah hujan tinggi.(Investor Daily)

·         BKPM akan meluncurkan perluasan implementasi kemudahan investasi langsung konstruksi di 13 kawasan industri baru dan 5 kawasan industri yang sebelumnya sudah diluncurkan. (Investor Daily)

Yen anjlok, yield global masih turun. Yen anjlok di perdagangan kemarin setelah data pedagangan kurang memuaskan sementara di sisi lain euro terus berada di tren penurunan dengan meningkatnya isu geopolitik di Uni Eropa, termasuk implementasi Brexit oleh Inggris. Di tengah pasar keuangan AS yang tutup semalam, harga minyak mulai bangkit lagi menyusul data ekspor minyak mentah Iran yang naik. Fokus masih tertuju pada notulensi FOMC meeting yang akan rilis Kamis dini hari. Data manufaktur Zona Euro dan AS ditunggu hari ini, diperkirakan turun tipis.

Tekanan dollar kuat kembali, rupiah stabil. Di tengah kembalinya sentimen penguatan dollar di pasar Asia hingga kemarin sore, rupiah berhasil stabil walaupun dengan bias pelemahan. Pelemahan tipis rupiah dibarengi oleh penguatan tipis IHSG dan juga SUN. Sentimen politik akan semakin intensif ke depan menjelang putaran kedua pilgub DKI Jakarta – hari ini beberapa ormas Islam dijadwalkan menggelar aksi. Sentimen dollar kuat diperkirakan bertahan sehingga rupiah bisa semakin terbatasi ruang penguatannya dalam jangka pendek.

samuel Riset Ekonomi Harian

Facebook Comments