BI RR rate tetap 4,75%, sentimen pilkada berangsur pudar

0
311
Image: Pilkada, Pilkada, Pilkada

Riset Ekonomi Samuel

Berita Global

·         Initial Jobless Claims AS naik ke 244 ribu dari 234 ribu. (Bloomberg)

·         Nikkei Japan PMI Mfg naik ke 52,8 dari 52,4 di Apr17. (Bloomberg)

·         Penembakan di Paris, Perancis, diduga oleh anggota ISIS, menewaskan 1 orang polisi dan melukai 2 orang lainnya.(Reuters)

Berita Domestik

·         Rapat Dewan Gubernur BI memutuskan untuk menahan 7 Day Repo Rate di posisi 4,75%. Pertumbuhan ekonomi pada 1Q17 diperkirakan di bawah perkiraan semula. (Bank Indonesia)

·         BI memandang sentimen pasar setelah berlangsungnya putaran dua pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017 akan lebih netral. (Bisnis Indonesia)

·         Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, mengatakan, program skema pembelian rumah DP Nol Rupiah bisa saja berjalan jika ada jaminan khusus dari pemerintah. (Detik)

·         Wakil Presiden AS Michael Pence dan Presiden Jokowi bertemu dan membahas beberapa hal soal kerja sama perdagangan AS dan Indonesia termasuk soal investasi Freeport. (Detik)

·         Kementerian ESDM memastikan, besaran bea keluar ekspor konsentrat Freeport sebesar 5% hanya akan berlaku sampai Okt17. Freeport menyatakan bahwa dalam KK, ekspor konsentrat harusnya tak dikenai bea keluar. (Kontan)

Dollar masih lemah, FOMC meeting di awal Mei. Dollar index masih bertahan di bawah 100 walaupun penurunannya mulai tertahan. Risiko geopolitik serta memburuknya situasi keamanan di Eropa mulai menumbuhkan kembali permintaan atas aset safe-haven. Mendekati FOMC meeting di awal Mei17, belum ada pertanda perbaikan signifikan data ekonomi AS sehingga peluang kenaikan FFR target saat ini masih rendah – yield UST 10y yang stabil di level rendah 2,2%, mengkonfirmasi harapan pengetatan yang telah turun. Malam nanti ditunggu indeks manufaktur AS yang diperkirakan turun.

BI RR rate tetap 4,75%, sentimen pilkada berangsur pudar. Rupiah masih diliputi sentimen pelemahan di saat mayoritas kurs lain di Asia menguat hingga Kamis kemarin. Respon terhadap hasil pilkada Jakarta cenderung negatif tetapi tidak berlebihan dan ke depan efeknya dipercaya akan memudar. BI RR rate yang tetap tidak terlalu diperhatikan tetapi BI yang kurang optimistis terhadap pertumbuhan, menambah sentimen negatif yang ada. Pelemahan rupiah akan bertahan dalam jangka pendek.

Samuel Riset Ekonomi Harian

Facebook Comments