Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2017

0
648
foto-detik.com

Selamat Hari Lahir Pancasila
01 Juni 1945 – 01 Juni 2017

Presiden Republik Indonesia ke 7, Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian khas adat Betawi saat memimpin upacara hari lahir Pancasila di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat.

Kamis (1/6/2017), upacara dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung secara khidmat. Adapun dalam kesempatan ini, seluruh menteri dalam Kabinet Kerja tampil mengenakan pakaian khas adatnya masing-masing.‎

Kepala Negara juga akan mengumumkan nama-nama yang akan mengisi Unit Kerja Presiden dalam pembinaan ideologi Pancasila saat digelarnya upacara peringatan lahirnya Pancasila. ‎Lembaga tersebut nantinya melakukan pembinaan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

‎Sementara itu, pembacaan Pancasila dilakukan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Selanjutnya Menkum HAM Yassona H Loly juga membacakan Keppres Nomer 24 Tahun 2016.
news.okezone.com

Catatan Singkat Sejarah Pancasila:
Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut. Sejak tahun 2017, hari tersebut resmi menjadi hari libur nasional.
id.wikipedia.org

pancasila
Baca juga:

Mengapa 1 Juni Jadi Hari Lahir Pancasila?

Pidato Lengkap Jokowi di Upacara Hari Lahir Pancasila

editor: lea

Facebook Comments