Riset Harian – Dollar masih lemah di Asia, pasokan minyak naik

0
267
Model: Raden Mas Prabawa Mangku Wijoyo Karyo

·         Moody’s Investor Service memutuskan merevisi naik outlook-nya terhadap bank-bank di Asia-Pasifik dari negatif menjadi stabil. (Bisnis Indonesia)

·         Produksi minyak OPEC mencapai level tertinggi sepanjang tahun ini pada Jun17, naik 260 ribu bpd dibanding Mei17.(Kompas)

·         Pemerintah Korea Utara menyampaikan telah berhasil menguji coba rudal balistik antarbenua. (Reuters)

·         Reserve Bank of Australia memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan 1,5%. (Reuters)

Berita Domestik

·         Pertumbuhan kredit perbankan pada Mei17 melambat ke 8,71% YoY  dari 9,47% YoY. Rata-rata suku bunga kredit maupun suku bunga simpanan pada Mei17 mengalami penurunan. (Antara)

·         Gubernur BI Agus Martowardojo menilai pelemahan kurs rupiah yang sempat terjadi tidak mengkhawatirkan. (Antara)

·         Realisasi penerimaan pajak sepanjang 1H17 mencapai sekitar 40% dari target. (Kontan)

·         Gaikindo melihat penjualan kendaraan roda empat pada bulan Juni cenderung menurun. (Kontan)

·         Pemerintah akan tetap meminta PT Freeport Indonesia mendivestasi sahamnya sebesar 51% kepada pihak Indonesia.(Investor Daily)

·         Pemerintah bersama Swiss menandatangani joint declaration terkait kesiapannya untuk saling bertukar informasi keuangan dalam kepentingan perpajakan. (Investor Daily)

Dollar masih lemah di Asia, pasokan minyak naik. Dollar masih lemah di pasar Asia hingga Selasa sore walaupun diwarnai oleh meningkatnya risiko geopolitik setelah Korea Utara mengkalim berhasil melakukan uji coba rudal antarbenua. Emas dan yen menguat tipis merespon hal itu sementara harga minyak mentah, di tengah pemulihannya, tertekan oleh data produksi OPEC yang justru meningkat. Pasca tutupnya pasar AS semalam, fokus akan kembali tertuju pada data tenaga kerja AS pada akhir pekan ini.

Rupiah masih stabil, pasar SUN pulih. Rupiah cenderung menguat di perdagangan Selasa mengikuti arah kurs di Asia. Walaupun IHSG melemah tajam, terlihat pasar SUN yang mulai kembali menguat mengikuti sentimen pasar obligasi global yang positif. Rupiah bisa kembali menguat hari ini.

samuel sekuritas

Baca juga:
catatan media

Obama yang Melunasi Janji

Polisi Tak Gentar dengan Ancaman Revolusi Rizieq Shihab

Harga Emas Antam Berbalik Naik Rp3.000 Per Gram

BURSA SAHAM 5 JULI: Pukul 10.17 WIB: IHSG Turun 0,02% ke 5.864,42

Jembatan Ambruk Jelang Pemilu, Presiden Pun Malu

editor: cak lea -cepagram.com

Facebook Comments