Info Pasar Hari Ini: IHSG cenderung bergerak flat; DPR menyetujui Perppu Nomor 1 Tahun 2017

0
275
Model: H.Syahrul - Siak Sri Indrapura

IHSG cenderung bergerak flat

Bursa AS semalam ditutup mixed, menjelang rilisnya keputusan kebijakan The Fed pada Rabu pekan ini. Sementara itu, pergolakan politik di Washington menjadi fokus pasar setelah penasihat senior Presiden Donald Trump, Jared Kushner, mengkonfirmasikan adanya komunikasi dengan Rusia selama Trump menjalani kampanye kepresidenan dan masa transisi. Untuk Bursa Eropa melambatnya laju pertumbuhan ekonomi di Eropa menimbulkan keraguan di market. Harga minyak mentah ditutup menguat setelah produsen utama OPEC, Arab Saudi, berjanji mengurangi ekspor di bulan Agustus.

Dari domestik laporan kinerja emiten kuartal kedua akan mewarnai laju IHSG. Sementara itu, menjelang FOMC meeting kewaspadaan akan tercermin dari pergerakan aset di pasar negara berkembang dan menjadi fokus market.  Rupiah hari ini diperkirakan melemah sesaat ditengah penguatan dollar index.

Highlights

·         BBTN: Laba bersih meningkat

·         Telekomunikasi: Kemkominfo mempertimbangkan membuat formula tarif bawah

·         BTPN: Laba bersih sedikit meningkat

·         ANTM: ANTM dan Showa Denko pecah kongsi

·         PPRO: Laba bersih 1H17

Riset Harian

Berita Global

·         IMF masih memperkirakan ekonomi global tumbuh 3,5% YoY pada 2017 dan 3,6% pada 2018 YoY. Proyeksi pertumbuhan ekonomi Zona Euro, Jepang dan Tiongkok naik sementara AS turun. (IMF)

·         Markit US Manufacturing PMI naik ke 53,2 dari 52 di Jul17. (Bloomberg)

·         Markit Eurozone Manufacturing PMI turun ke 56,8 dari 57,4 di Jul17. (Bloomberg)

·         Existing Home Sales AS turun ke 5,52 juta dari 5,62 juta di Jun17. (Bloomberg)

Berita Domestik

·         DPR menyetujui Perppu Nomor 1 Tahun 2017 mengenai Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan untuk dibawa dalam rapat paripurna dan disepakati. (Antara)

·         DPR menolak dana untuk kajian rencana pemindahan ibukota Indonesia sebesar Rp7 miliar. (Antara)

·         BI mengakui arus keluar dana asing dari pasar saham dan surat utang selama dua minggu awal pada Juli 2017 sebagai sekedar aksi ambil untung. (Bisnis Indonesia)

·         Sri Mulyani pastikan tidak mengubah batas gaji bebas pajak dari yang ditetapkan sekarang sebesar Rp 54 juta per tahun atau Rp 4,5 juta per bulan. (Detik)

·         Kemkominfo mempertimbangkan untuk membuat formula terkait tarif bawah internet(Investor Daily)

Manufaktur AS lebih baik, IMF revisi proyeksi. Dollar index menguat tipis setelah data manufaktur AS diumumkan membaik. Penguatan dollar index tertahan oleh IMF yang memangkas proyeksi pertumbuhan PDB AS. Pergerakan aset global akan didominasi oleh hasil FOMC meeting yang dijadwalkan dimulai Selasa malam dan disimpulkan Kamis dini hari.

FOMC meeting segera dimulai, ketidakpastian sesaat muncul. Menjelang FOMC meeting, yang akan memberi petunjuk peta rencana pengetatan moneter the Fed, kewaspadaan akan tercermin dari pergerakan aset di pasar negara berkembang. Rupiah bisa melemah sesaat di tengah tren penguatannya melihat dollar index yang mulai kuat walaupun revisi naik IMF terhadap prospek Tiongkok, bisa menularkan optimisme ke pasar keuangan domestik.

Samuel sekuritas

Baca juga:

Presiden Bank Dunia: RI Beruntung Punya Menkeu Sri Mulyani

Bendungan Kuningan Rampung Akhir 2018

editor: lea

Facebook Comments