Saturday, December 30, 2023
Google search engine
HomeKesehatanManfaat Konsumsi Putih Telur Bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Putih Telur Bagi Kesehatan

Pada umumnya orang menganggap putih telur kurang bergizi, sehingga kebanyakan kurang tertarik untuk memanfaatkan atau mengkonsumsinya. Tidak sedikit bahkan orang membuang putih telur, ketika telah diambil kuningnya untuk bermacam keperluan. Namun faktanya, putih telur ternyata tak kalah akan jumlah kandungan gizi, serta manfaatnya bagi kesehatan.

Banyak yang beranggapan hingga sekarang ini, jika telur adalah makanan penyumbang kolesterol dan lemak yang tinggi. Faktanya memang telur mengandung kolesterol, namun kolesterol tertinggi dalam telur adalah kolesterol baik (HDL). Dan lemak tertinggi dalam telur adalah lemak tidak jenuh, justru ini diperlukan oleh tubuh Kita. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk menjauhi makan telur, asal jangan terlalu kebanyakan. Apapun yang terlalu banyak, dampaknya memang tidak akan baik juga.

Khusus untuk putih telur yang sering dipandang sebelah mata karena kurang menggairahkan, ternyata juga banyak mengandung gizi penting bagi kesehatan. Jadi jika Anda takut makan kuning telur karena kalori, Anda bisa menyisihkan kuningnya dan dapat mengambil putihnya saja. Apa saja sih gizi dan manfaatnya?

1. Kaya protein
Putih telur kaya akan albumin yang merupakan sumber protein, kalau Anda ingin membentuk otot Anda, mengonsumsi putih telur adalah jawabannya.

2. Bebas kolesterol
Sebutir telur utuh mengandung kolesterol yang sangat tinggi, bahkan sebutir telur berukuran besar sudah cukup memenuhi kebutuhan kolesterol harian yang direkomendasikan. Total jumlah kolesterol dalam sebutir telur hanya terdapat didalam kuningnya saja, yaitu sebesar 213 mg. Kebutuhan normal kolesterol kita perhari adalah 300 mg, namun hanya boleh maksimal 200mg perhari, jika kita dengan diabetes atau gangguan kardiovaskuler. Belum lagi asupan kolesterol dari sumber makanan lain, yang hanya akan menambah kelebihan kolesterol. Jika Anda takut makan telur hanya karena tidak ingin semakin menambah jumlah asupan kolesterol harian Anda, maka Anda hanya cukup mengeluarkan kuning telur dan menikmati hanya putih telurnya saja.

Baca Juga:  Laporan Keuangan April 2014

3. Sarapan rendah kalori
Putih telur menjadi pilihan cocok untuk sarapan Anda, memilih kuning telur sebagai menu sarapan merupakan salah satu menu sarapan yang rendah kalori.

4. Tinggi kalsium
Manfaat lain dari putih telur untuk wanita adalah tinggi kalsium, wanita membutuhkan banyak kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulang dan menghindarkan diri dari osteoporosis.

5. Zat anti kanker
Putih telur juga mengandung selenium yang bisa membantu melindungi tubuh dari kanker, putih telur juga efektif untuk menghindari kanker prostat yang banyak menyerang pria.

6. Kaya vitamin B12
Telur merupakan makanan tepat untuk mendapatkan asupan vitamin B12, vitamin yang satu ini bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

7. Mengandung choline
Choline adalah salah satu unsur yang terkandung dalam putih telur, choline ini sangat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Wah, kalau Anda salah satu penderita insomniaboleh nih mengonsumsi banyak-banyak putih telur.

8. Kaya zat besi

Wah seperti sayuran hijau, ternyata putih telur kaya akan zat besi yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah lho.

doktersehat.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments