Pelajaran dari Kerugian – Kebakaran Panel Sandwich

0
211

Pelajaran dari Kerugian – Kebakaran Panel Sandwich

Sebuah kebakaran besar terjadi di lokasi pabrik pengolahan makanan besar pada Januari 2010, di daerah pedesaan sekitar 50km selatan Melbourne. Api mulai di area pabrik plastik kemasan, dan meskipun segera datang pemadam kebakaran dan adanya deteksi asap otomatis, api cepat berkembang.

Penyebab kebakaran tersebut tidak dapat secara definitif ditentukan. Kemungkinannya adalah lampu neon yang buruk atau drive yang terkait dengan conveyor overhead. api terdeteksi pada tahap awal oleh operator yang gagal dipadamkan pemadam. Meskipun dengan upaya terbaiknya, api cepat menyebar ke EPS (expanded polystyrene) langit-langit panel sandwich.

Evakuasi dimulai dan pemadam kebakaran dipanggil. Pada saat pemadam kebakaran sukarela tiba dengan unit pertama mereka, sekitar 10-15 menit ke dalam api, api yang membakar melalui atap dek baja lebih dari setengah panjang bangunan. Sebelum pemadam kebakaran bisa memadamkan serangan pertama, api telah menyebar sepanjang gedung produksi utama, area dermaga dan gudang pendingin yang keseluruhannya sepanjang sekitar 100 meter.

Lebih dari 100 petugas pemadam kebakaran akhirnya datang dan mampu menahan api ke bangunan utama dan melindungi gudang besar ammonia yang berdekatan dengan bangunan. Sebuah kerugian total dari gedung produksi mengakibatkan gangguan bisnis utama yang membutuhkan sekitar sembilan bulan outsourcing sementara yang mahal dan beberapa kerugian bisnis lainnya.

Pelajaran utama yang dapat dipetik dari kebakaran ini adalah penguatan dari pengalaman sebelumnya:

 

  • Langit-langit EPS panel sangat rentan terhadap kebakaran mulai dari bawah mereka
  • Kebakaran di bawah EPS langit-langit panel menyebar sangat cepat, api menyebar di langit-langit sebagai panel progresif delaminate dan EPS mencair dan menguap ke bahan bakar
  • Kebakaran juga dapat menyebar di dalam dinding dan langit-langit panel, sebelum meledak di jahitannya panel
  • Beban api dari EPS dinding dan langit-langit panel cukup sendiri untuk menyebabkan deformasi dan runtuhnya atap baja balok utama
  • Brigade Api tidak mungkin mengandung dikembangkan EPS fire dan mereka tidak akan memasuki gedung karena risiko keruntuhan.

Sebuah catatan kaki yang menarik untuk kebakaran ini adalah peran dari PIR panel sandwich. Sebuah bangunan perluasan baru ke EPS pada gudang pendingin telah dibangun dari PIR. Api membakar hingga dinding PIR tetapi menembus, dan bagian PIR tetap utuh. Hal ini cenderung untuk mengkonfirmasi rekomendasi kami dari alternatif panel yang disetujui untuk dipasang: PIR atau matriks resin fenolik.

Dikutip dari Zurich Financial Services

 

Diterjemahkan bebas dan ditulis oleh Ir. Russel Effandy AAAI-K. IPGDI. DIPL.CII. – http://www.cii.co.uk/membership/local-and-global/goodwill-ambassadors/russel-effandy-biography/

Contact Us:
(Untuk info lebih detail & konsultasi gratis tentang Risk Engineering)
+628129992037 (Russel Effandy)
+6281293617419 (Cepa Jasa Indonesia Center – CJIC)

russel-effandy
Russel Effandy

 

Facebook Comments