Ini manfaat semangka yang baik untuk kesehatan yang nggak kamu sangka-sangka

0
398

Menurut penelitian ilmiah.

Konsumsi buah-buahan setiap hari memang dianjurkan di dunia kesehatan. Karens buah mengandung banyak vitamin untuk kesehatan.

Salah satu buah yang kaya akan vitamin adalah semangka. Buah dengan kategori berbiji banyak ini juga memiliki kandungan vitamin yang berlimpah. Seperti vitamin A, B6 dan C yang signifikan, banyak likopen, antioksidan dan asam amino. Bahkan ada jumlah potasium yang sederhana.

Dilansir dari livescience, Rabu (13/6) menurut Academy of Nutrition and Dietetics, Angela Lemond, mengatakan bahwa kandungan yang terdapat di dalam buah semangka sangat baik untuk kesehatan. “Antioksidan membantu mencegah kerusakan, dan kanker. Asam amino adalah blok bangunan dasar untuk protein, dan protein digunakan di hampir setiap fungsi vital dalam tubuh,” ungkap Angela.

Di dalam buah semangka juga terdapat kandungan likopen yang merupakan senyawa alami dalam buah-buahan dan sayuran yang bereaksi dengan tubuh manusia untuk memicu reaksi yang sehat.

Sementara itu, menurut Victoria Jarzabkowski, ahli gizi dari Institut Kebugaran Texas di The University of Texas di Austin, bahwa likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan pencegahan kanker prostat.

Untuk memaksimalkan asupan likopen, biarkan semangka kamu matang sepenuhnya. Semakin merah semangka, maka semakin tinggi konsentrasi likopen.

Kandungan beta-karoten dan fenolik antioksidan juga meningkat saat semangka matang. Beta carotene merupakan antioksidan yang ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna oranye. Dimana, hal ini membantu dengan kekebalan daya tahan tubuh, kulit, mata dan pencegahan kanker.

Sumber : Brilio

Facebook Comments