Friday, December 29, 2023
Google search engine
HomeNews FlashMau Jadi Kaya Raya? Baca Ini Dulu:10 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2018

Mau Jadi Kaya Raya? Baca Ini Dulu:10 Orang Terkaya Indonesia Tahun 2018

Forbes merilis daftar orang terkaya  di Indonesia. Dari 50 daftar orang terkaya yang dirilis, 10 di antaranya tercatat memiliki harta kekayaan US$82,9 miliar atau sekitar Rp1.200 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per dolar AS).

Adapun nama Hartono bersaudara kembali dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia tahun 2018. Itu berarti, Hartono bersaudara telah menempati peringkat orang terkaya di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Mengutip rilis resmi Forbes, total kekayaan Hartono bersaudara tahun ini tercatat sebesar US$35 miliar atau setara Rp507,5 triliun (mengacu kurs Rp14.500 per dolar AS).

Dari total kekayaan Hartono bersaudara tersebut, sekitar 70 persen berasal dari Bank Central Asia. Sementara itu, konglomerat Susilo Wonowidjojo naik ke posisi dua dengan kekayaan sebesar US$9,2 miliar. Pundi kekayaan Susilo Wonowidjojo meningkat akibat kenaikan harga saham perusahaan rokok Gudang Garam.

Susilo berhasil menggeser posisi pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja yang turun menjadi peringkat ketiga. Kekayaan Eka Tjipta tahun ini berkurang sebesar US$500 juta menjadi US$8,6 miliar.

Selanjutnya, ada nama Sri Prakash Lohia yang naik menjadi orang terkaya keempat dengan total kekayaan sebesar US$7,5 miliar. Posisi orang terkaya keempat di Indonesia diraih Sri Prakash seiring dengan peningkatan nilai saham Indorama Ventures, perusahaan petrokimia yang terdaftar di bursa Thailand.

Senasib dengan Eka Tjipta, taipan Anthoni Salim juga turun ke peringkat lima lantaran kekayaannya turun sebanyak US$1,6 miliar menjadi US$5,3 miliar.

Forbes mencatat pengusaha Indonesia yang nilai kekayaannya mengalami lonjakan tertinggi adalah raja tambang Low Tuck Kwong yang menduduki peringkat ke sebelas. Aset bersih Low Tuck Kwong naik 63 persen menjadi US$2,5 miliar akibat peningkatan pendapatan tambang batubara Bayan Resources yang mendorong lonjakan harga saham Bayan sebesar 82 persen.

Adapula nama Bachtiar Karim di peringkat ke 21 yang mengalami peningkatan kekayaan sebesar 61 persen menjadi US$1,45 miliar berkat kenaikan pendapatan yang signifikan dari perusahaan minyak kelapa sawit Musim Mas.

Forbes memaparkan enam dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibandingkan tahun lalu.

Berikut adalah nama-nama sepuluh orang terkaya di Indonesia beserta total kekayaannya

  1.    R. Budi & Michael Hartono total kekayaan US$35 miliar
  2.    Susilo Wonowidjojo total kekayaan US$9,2 miliar
  3.    Eka Tjipta Widjaja total kekayaan US$8,6 miliar
  4.    Sri Prakash Lohia total kekayaan US$7,5 miliar
  5.    Anthoni Salim total kekayaan US$5,3 miliar
  6.    Tahir total kekayaan US$4,5 miliar
  7.    Chairul Tanjung total kekayaan US$3,5 miliar
  8.    Boenjamin Setiawan total kekayaan US$3,2 miliar
  9.    Jogi Hendra Atmadja total kekayaan US$3,1 miliar
  10.    Prajogo Pangestu total kekayaan US$3 miliar

Berapa kekayaan anda?

sumber: cnnindonesia.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments