Berita Ekonomi Pagi Ini

0
192
Angga Parmata M

Berita Global

·      Lampaui prediksi analis, ekspor Jerman tumbuh 1,1% pada Mei 2019. analis yang disurvei Reuters hanya memprediksi hanya akan ada pertumbuhan sebesar 0,5% setelah pada April ekspor negara itu anjlok 3,4%. (CNBC)

·      Perang dagang Jepang-Korea makin panas. Jepang menolak permintaan Korea Selatan untuk mencabut pembatasan ekspor. (Kontan)

Berita Domestik

·         Target penerimaan cukai plastik tahun ini sulit tercapai, ini penyebabnya. Target cukai plastik yang dipatok Rp 500 miliar tahun ini bisa dipastikan tidak akan tercapai. Hal ini mengingat aturan terkait pengenaan cukai plastik tak kunjung diterbitkan. (Kontan)

·         Didorong faktor musiman, penjualan eceran Mei naik menjadi 7,7%. Survei Bank Indonesia yang menunjukkan indeks penjualan riil (IPR) Mei yang sebesar 249,8, atau naik 7,7% dibanding April 2019 yang sebesar 6,7%. Kenaikan IPR terutama didorong oleh penjualan sub kelompok sandang, kelompok suku cadangan dan aksesori dan kelompok makanan, minuman dan tembakau.(Kontan)

·         Apindo: Perbaikan kualitas tenaga kerja jadi penarik bagi investor manufaktur. Pelaku usaha menyambut terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2019 yang memuat kebijakan pengurangan pajak penghasilan (PPh) super alias super deduction tax bagi wajib pajak (WP) badan yang melakukan kegiatan vokasi dan/atau riset dan pengembangan (R&D).  (Kontan)

Facebook Comments