Samuel Riset Ekonomi Harian 11 Juli 2019

0
54

Berita Global

·      Powell membuka ruang The Fed untuk memotong suku bunga dalam pidatonya di hadapan Kongres AS. (CNBC)

·      Aktivitas manufaktur melambat, inflasi produsen China stagnan pada Juni. Mengutip Reuters, Biro Statistik Nasional CHina mengatakan indeks harga produsen (PPI) China pada Juni flat dibanding Juni 2018. Angka ini lebih rendah dari prediksi ekonom dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan PPI China pada Juni masih bisa tumbuh 0,3%. Sebagai perbandingan, pada Mei lalu inflasi produsen di China tercatat 0,6%. (Kontan)

Berita Domestik

·         Transaksi e-commerce dapat diperhitungkan dalam PDB. Nilai transaksi perdagangan elektronik alias e-commerce semakin besar. Bank Indonesia (BI) mencatat, nilai transaksi e-commerce sepanjang 2018 lalu mencapai Rp 146 triliun atau naik 80,6% dibandingkan tahun 2017 yang hanya Rp 80,8 triliun. (Kontan)

·         Hadapi kemarau panjang, pemerintah siapkan strategi ini antisipasi inflasi pangan. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan cadangan beras hingga akhir tahun sudah aman. Pemerintah akan fokus pada distribusi pangan untuk menurunkan harga. (Kontan)

·         Aturan insentif fiskal untuk maskapai penerbangan siap terbit. Presiden telah menandatangani revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2015. Beleid tersebut mengatur tentang impor dan penyerahan alat angkutan tertentu dan penyerahan jasa kena pajak terkait alat angkutan tertentu yang tidak dipungut pajak pertambahan nilai (PPN). (Kontan)

Dollar Index melemah rupiah diperkirakan bergerak menguatDollar indeks diperkirakan turun ke level 96.9-97,0 terhadap hampir semua mata uang utama lain. Melemahnya dollar didorong oleh pernyataan Powell di hadapan kongres AS yang menyatakan siap menyesuaikan kebijakan moneter untuk menghadapi perlambatan ekonomi AS akibat perlambatan ekonomi global dan ketidakpastian ekonomi akibat perang dagang. Pernyataan tersebut semakin meyakinkan pasar  bahwa The Fed akan memotong suku bunga bulan Juli. Rupiah diperkirakan menguat akibat pernyataan Powell tersebut. Rupiah kemungkinan menguat ke level Rp13.980/USD-Rp 14.060/USD.

Facebook Comments