Apa Saja Sih Manfaatnya Daun Sirsak Bagi Tubuh?

0
873

 

Manfaat daun sirsak yang sangat ampuh adalah mampu memerangi penyakit mematikan yang berada di daftar tertinggi salah satu penyakit yang mengerikan, yakni penyakit kanker. Cukup banyak penelitian yang melakukan penelitian pada daun sirsak dan mencari manfaat daun sirsak. Dan ternyata tidak hanya pada daunnya saja yang cukup ampuh mencegah timbulnya kanker, akan tetapi mulai dari akar dan buahnya juga sangat ampuh.

manfaat-daun-dan-buah-sirsak-untuk-kecantikanMungkin sudah cukup banyak orang yang sering melakukan pengobatan alternative yang menggunakan bahan-bahan alami atau herbal memanfaatkannya untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Tidak hanya menyembuhkan penyakit pembunuh seperti kanker saja, akan tetapi cukup banyak penyakit yang dengan mudah bisa disembuhkan hanya menggunakan daun sirsak aja.

Khasiat daun sirsak yang begitu dahsyat dikarena kandungan nutrisi atau senyawa yang bermanfaat yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa kandungan aktif yang ada di dalam daun sirsak yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan daun sirsak ;

  • Asam stearate
  • Asan gentisic
  • Asam lignoceric
  • Annomuricina A, B, C, dan E
  • Muricoreacina
  • Anonaine
  • Javoricina, dan lain-lain

Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengkonsumsinya agar bisa menjadi obat herbal yang benar-benar ampuh untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Berikut ini cara menggunakan dan mengkonsumsi daun sirsak yang benar.

manfaat-daun-sirsak

Cara mengkonsumsi daun sirsak ;

  • Ambil beberapa lembar daun yang masih muda, jangan yang terlalu tua atau berwarna hijau tua
  • Rendam beberapa menit lalu cuci daun hingga benar-benar bersih, usahakan menggunakan air mengalir agar kotoran yang ada di daun hilang
  • Kamu bisa mencampurnya dengan madu satu sendok makan atau bisa lebih, agar  semakin enak untuk dikonsumsi.
  • Lalu masukkan air secukupnya atau satu gelas air bersih ke dalam blender
  • Selanjutnya masukkan daunnya yang sudah bersih dan juga beberapa sendok madu murni
  • Lalu blender hingga benar-benar lembut dan bercampur secara merata dengan madu murni
  • Dan tuangkan ke dalam gelas, dan meminumnya

Selain membuatnya menjadi jus yang kamu tambahkan dengan madu murni bisa kamu minum setiap saat. Tapi ada juga cara tradisional yang juga sangat mudah untuk dilakukan, yakni hanya dengan merebus daun sirsak dan meminumnya. Berikut ini cara merebus yang baik untuk diminum sebagai obat herbal.

 

1. Menyembuhkan penyakit kanker

memang sudah banyak yang melakukan penelitian, kandungan apa saja yang ada di dalamnya dan juga khasiatnya. Dan salah satunya adalah mencegah dan menyembuhkan penyakit ganas, yakni penyakit kanker.

Bahkan daun sirsak juga jauh lebih bagus daripada penderita kanker melakukan kemoterapi yang efeknya pun juga sangat berbahaya dan juga biayanya sangat mahal. Jadi khasiatnya akan menghambat pertumbuhan kanker di dalam tubuh. Mulai dari kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, dan lain-lain.

2. Mengobati penyakit diabetes

Salah satu penyakit yang bisa disebabkan dari faktor keturunan adalah penyakit diabtes. Apalagi jika kamu tidak mau menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat maka penyakit diabetes akan menyerang kamu. Dan banyak orang yang meyakini bahwa penyakit diabetes sangat susah untuk disembuhkan.

Khasiat dari daun sirsak adalah mampu memutus rantai penyakit yang disebabkan dari faktor keturunan. Jadi jika kamu mengkonsumsi daun sirsak yang kamu konsumsi dengan cara direbus atau dengan membuatnya menjadi jus sesuai anjuran ahli herbal, maka sangat mungkin sekali kadar gula darah dalam tubuh kamu akan semakin cepat menurun dan kembali normal.

3. Mengobati asam urat

Salah satu khasiat dari daun sirsak adalah mampu mencegah serta menyembuhkan penyakit asam urat. Dan tidak jarang daun ini digunakan sebagai bahan alami pelengkap untuk mengobati penyakit seperti asam urat.

daun-sirsak-650x330

4. Mengobati encok dan reumatik

Bagi penderita sakit punggung atau pengeroposan pada tulang yang bisa saja diakibatkan karena faktor usia, maka bisa kamu sembuhkan hanya dengan meminum air rebusan daun sirsak atau membuatnya menjadi jus.

5. Meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi

Infeksi bisa diakibatkan dari luka yang tidak kunjung sembuh, misalnya seperti pada penderita diabetes basah yang ketika salah satu anggota tubuh terluka sangat susah disembuhkan. Dengan meminum air rebusan daun sirsak atau membuat jus, maka akan mencegah terjadinya infeksi dan juga akan berfungsi membangun system imun di dalam tubuh kamu. Hal ini dikarenakan antioksidan yang ada di dalamnya yang berperan penting untuk menyembuhkan.

6. Mencegah timbulnya tumor

Selain sebagai obat untuk menyembuhkan kanker, khasiat dari daun sirsak juga akan mencegah timbulnya tumor di dalam tubuh kita. Tidak cukup di situ saja, bagi kamu yang menderita penyakit tumor di tubuh kamu maka dengan melakukan terapi dengan daun ini maka akan semakin mengecilkan atau bahkan menyembuhkan tumor di dalam tubuh.

7. Mengobati beberap penyakit kulit

Salah satu penyakit yang bisa memperburuk penampilan kamu adalah penyakit kulit. Dan penyakit kulit itu bisa berbagai macam, misalnya seperti bisulan, jerawat, gatal-gatal, komedo, eksim, dan lain-lain. Untuk carapenggunaannya bisa kamu konsumsi dengan cara minum rebusan daun sirsak atau membuatnya menjadi minuman jus.

Tapi kamu juga bisa menggunakan dengan cara lain, seperti menumbuk daun hingga benar-benar lembut lalu mengoleskan pada bagian kulit yang terkena penyakit tersebut.dengan kandungan antioksidan di dalam daun sirsak maka akan membunuh kuman, bakteri, hingga virus di bagian tersebut. Dan kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah untuk menyembuhkan jerawat serta komedo di kulit wajah kamu.

 

Sumber : www.khasiat.co.id