Lebih pesimistis terhadap pertumbuhan

0
880
adhi-project

BI kembali memangkas BI RR rate 25bps ketika kami dan konsensus justru melihat tidak adanya perubahan. BI lebih pesimistis terhadap pertumbuhan dan percaya di akhir tahun akan menuju tepi bawah proyeksi yang 4,9-5,3% YoY. Berbeda dengan pandangan kami, BI percaya diri terhadap kestabilan rupiah ke depan. Kami melihat ruang pelonggaran masih ada tetapi sangat terbatas. Target BI RR rate kami pangkas ke 4,75% pada akhir 2016.

Pertumbuhan dekati batas bawah. BI pangkas BI RR rate 25bps berikut dengan DF dan LF. Setelah memangkas proyeksi pertumbuhan ke 4,9-5,3% YoY pada Agu16 lalu, BI melihat prediksi pertumbuhan PDB yang mendekati batas bawah sembari menekankan pertumbuhan kredit yang masih lambat. BI melihat stabilitas keuangan lebih terjaga terlihat dari rupiah yang lebih stabil serta rasio defisit neraca transaksi berjalan terhadap PDB yang di 3Q16 bisa ke bawah 2% (lihat Normalisasi impor dorong surplus). Inflasi BI perkirakan masih cenderung di kisaran batas bawah target yang 4±1%.

Stabilitas global? BI terlihat percaya diri mengatakan bahwa stabilitas keuangan akan terjaga dengan melihat the Fed yang hanya akan menaikkan 1x di akhir tahun akibat masih melambatnya pertumbuhan global. Tetapi saat ini kami melihat ketidakpastian yang bertambah seperti ECB yang belum tambah stimulus, pemilu presiden AS dan proses Brexit yang dipercepat. Hasil simulasi menunjukkan suku bunga yang lebih rendah (likuiditas yang lebih banyak), depresiasi nilai tukar akan lebih tajam di saat adanya gejolak di pasar keuangan global. Cadangan devisa yang naik tajam belakangan diperkirakan ikut tambah kepercayaan diri BI.

Ruang turun RR rate. Secara fundamental kami melihat ruang turun BI RR rate masih ada walaupun sudah sangat terbatas. Tetapi kami melihat ancaman dari ketidakpastian global yang lebih tinggi pada 4Q16 ini. Kami juga lebih optimistis terhadap pertumbuhan yang berpeluang naik ke 5,2% YoY di 2017. Pencapaian uang tebusan tax amnesty yang jauh lebih tinggi dari harapan BI terbukti bisa mengurangi potensi defisit dan itu juga berarti lebih sedikit urgensi untuk menaikkan harga barang yang memakan banyak anggaran subsidi sehingga ekspektasi inflasi akan lebih rendah. Kami melihat BI RR rate yang 4,75% di akhir tahun dengan kemungkinan pemangkasan lanjutan pada 1Q17 sebesar 25-50bps.

Rangga Cipta
Economist

samuel sekuritas

Facebook Comments