Sunday, December 31, 2023
Google search engine
HomeMenghajar Pungli

Menghajar Pungli

PUNGUTAN LIAR (PUNGLI)

Bagaimana menurut anda tentang pemberantasan pungli di Indonesia?

Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. Kebanyakan pungli dipungut oleh pejabat atau aparat, walaupun pungli termasuk ilegal dan digolongkan sebagai KKN, tetapi kenyataannya hal ini jamak terjadi di Indonesia. Menurut hasil studi dari Pusat Studi Asia Pasifik Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan United State Agency for International Development (USAID) pada tahun 2004, biaya pungli yang dikeluarkan oleh para pengusaha di sektor industri manufaktur berorientasi ekspor saja, pertahunnya bisa mencapai 3 triliun rupiah. wikipedia
Hemmm … lumayan gede kan?!

Banyak contoh pungutan liar yang dilakukan di negara kita ini. Dari jaman bahela dulu kala yang namanya pungli susah dihindari, bahkan terbilang tidak mungkin untuk dibrantas, benarkah demikian? Dan anehnya sering kali kita temukan korban pungli pun merasa tidak dirugikan, malah merasa berterimakasih karena urusannya bisa selesai dengan cepat meski harus membayar dengan biaya yang lebih mahal? Aneh kan Indonesia ini …
Jawabannya tentu kembali kepada tingkat keseriusan dari pemerintah dan masyarakatnya. Tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa mungkin terjadi, demikian juga untuk memberantas pungli ini.

Pemerintah Joko Widodo – M. Jusuf Kalla sepertinya cukup serius memberantas salah satu penyakit bangsa yaitu Pungutan Liar atau pungli ini. Jika Pungli di Indonesia berhasil diberantas, maka Indonesia akan naik kelas. Hal ini akan berdampak signifikan pada seluruh sendi kehidupan dan tatanan berbangsa dan bernegara.
Mari kita simak bersama:

Mabes Polri Akui Pungli Pembutan SIM oleh Polisi Masih Marak

Pungli Angkutan Truk di Jembatan Timbang Penyebab Utama Kerusakan Jalan

Pemerintah Bentuk Satgas Pungli, Ini Tugasnya

Wapres Berharap Saber Pungli Berikan Terapi Kejut

Wapers JK - kompas
Wapers JK – kompas

Terbukti Pungli, Ridwan Kamil Pecat 9 Kepala Sekolah

Jokowi Serukan Berantas Pungli, Gubernur Kalsel: Mustahil

Gubernur Kalsel?

Menemukan Pungli? Lapor ke Sini…

TNI dan BIN Termasuk Anggota Satgas, Masih Berani Pungli?

jpnn.com
jpnn.com

Sebelum dijalankan, setiap institusi tersebut sudah memetakan bagian-bagian yang rawan pungli.

Ditambah dengan mengumpulkan dari laporan masyarakat.

Penindakannya pun berbeda-beda tergantung kategori pungli.

“Ada kategori-kategorinya. Pungli yang bagaimana yang diselesaikan dengan, satu tindakan administratif. Pungli yang bagaimana, pada level apa, besaran yang bagaimana yang kita lanjutkan ke tindakan hukum,” pungkas Wiranto. (flo/jpnn)

Lapor Pungli Dapat Honor Rp 1 Juta

Tiga Petugas Dishub Ditangkap karena Pungli, Sebulan Bisa Raup Rp 500 Juta

editor: lea

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments