Saturday, December 30, 2023
Google search engine
HomeKonstruksiEnergiDiperlukan BUMN Baru Untuk Kelola Energi Panas Bumi

Diperlukan BUMN Baru Untuk Kelola Energi Panas Bumi

Info Energi Terbarukan – Energi Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi. Temperatur di bawah kerak bumi bertambah seiring bertambahnya kedalaman. Suhu di pusat bumi diperkirakan mencapai 5400 °C. Menurut Pasal 1 UU No.27 tahun 2003 tentang Panas Bumi Panas Bumi adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem Panas Bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan.

Pemerintah dinilai perlu serius dalam mengelola energi terbarukan seperti energi panas bumi. Selain potensi energi panas bumi yang melimpah, juga ramah lingkungan serta sangat murah.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijana mengatakan dibutuhkan BUMN baru yang khusus mengurusi panas bumi.

Menurut Azam, selama ini eksplorasi panas bumi seperti sengaja dipersulit, sehingga tidak serius digarap. Akhirnya, asing masuk untuk mengambil alih. Ini tak boleh terjadi, mengingat energi yang satu ini punya proyeksi yang sangat menjajikan secara ekonomi bagi negara.

“Pembentukan BUMN baru di bidang panas bumi harus didukung dengan politik anggaran yang memadai. Ini murah dan menjadi energi terbarukan yang dicari-cari. Tapi, ketika energi ini ada di depan mata, malah dilupakan,” ujar Azam, Rabu (16/11).

Energi panas bumi sebenarnya sudah dikelola oleh Pertamina dan PLN lewat perusahaan Pertamina Geothermal Energy (PGE) dan PT. Geo Dipa Energi. Namun, ungkap Azam, semuanya tidak jalan. Kini, PLN malah ingin membeli PGE milik Pertamina. Namun, serikat pekerja PGE menolaknya.

“PLN ngurus yang ada di atas tanah saja tidak mampu. Ngurus PLTA juga tidak mampu. Apalagi mau ngurus yang ada di perut bumi. Lupakan PLN untuk urus panas bumi. Kita dorong Menteri BUMN untuk bentuk BUMN panas bumi. Inilah test case bagi pemerintah, kalau mau meningkatkan kedaulatan energi,” ujar Azam.

Ditanya seberapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk membentuk BUMN baru ini, Azam menjawab, biar pemerintah yang menghitung kebutuhan anggarannya.

sumber: republika.co.id

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments