Silaturahmi Ramadhan Bersama Sekjen Kementerian Pertahanan RI Laksamana Madya Widodo

0
1653
Laksamana Madya Widodo - Sekjen Kemhan RI

Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti-nanti bagi orang-orang mukmin di seluruh dunia. Kepergian bulan Ramadhan jauh lebih disesalkan daripada kepulangan seorang tamu mulia yang berlalu pergi. Tak heran bilamana para salaf dahulu berdoa jauh-jauh hari sebelum Ramadhan datang.

” Yaa Allah, pertemukanlah aku dengan Ramadhan, dan pertemukanlah Ramadhan denganku, dan jadikan amal ibadahku pada bulan mulia itu diterima disisi Mu “

Bulan Ramadhan Bulan Penuh Berkah dan Kemuliaan

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan. Bulan nan penuh berkah. Allah mewajibkan atas kamu berpuasa di bulan ini. Pada bulan ini pintu-pintu surga di buka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaithan-syaithan di belenggu. Di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barang siapa tidak mendapatkan kebaikan di bulan ini, niscaya tidak ada kebaikan baginya.”
(HR: Ahmad 8631).

Di momentum bulan Ramadahan 1438 H bulan yang penuh dengan kebaikan dan kemuliaan ini, Laksamana Madya TNI Widodo yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jendral Kementerian Pertahanan dan Keamananan melaksanakan Silaturahmi Ramadhan sekaligus Bukber (Buka Puasa Bersama) pada hari Selasa, 30 Mei 2017 di PUSKU Gedung M. Yusuf Jln. Wahid Hasyim No. 1 Jakarta Pusat.

Dihadiri kurang lebih 110 orang diantaranya adalah keluarga besar serta para pejabat jajaran Kementrian Pertahanan RI, teman-teman Alumni AKMIL AL 1983 dan rekan-rekan Lumajangan yang tergabung dalam wadah DKBL (Diaspora Keluarga Besar Lumajang) yang mana Laksdya Widodo adalah sebagai Pembinanya. Dan di kalangan keluarga besar Lumajang inilah mereka teman-teman memanggil dengan panggilan akrabnya yaitu Mas Widodo. (Lulusan SMAN Lumajang Tahun 1979)

Laksamana Madya TNI Widodo, Sekjend Kemhan yang juga sebagai Pembina Diaspora Keluarga Besar Lumajang (DKBL) di Jakarta
Pembukaan dan sambutan tuan rumah Laksamana Madya TNI Widodo, Sekjend Kemhan RI yang juga sebagai Pembina Diaspora Keluarga Besar Lumajang (DKBL) di Jakarta

Acara silaturahmi dan bukber ini dimulai pukul 17.00 sore, dibuka oleh tuan rumah Mas Widodo dan dilanjutkan dengan kajian singkat tentang keutamaan Silaturahmi Ramadhan dan sholat Maghrib berjamaah dipimpin oleh ustadz Cecep Maulana yang dikenal dengan ustadz Cecep Odong Odong.

Widodo
Ceramah Singkat Keutamaan Silaturahmi Ramadhan dan Sholat Maghrib Berjamaah di PUSKU Kemhan oleh Ustadz Cecep Maulana Odong odong

Setelah sholat maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan ramah tamah para tamu yang hadir, bersalaman melepas kerinduan (kangen-kangenan) satu dengan yang lainnya dan kemudian bersama menuju ruangan untuk menikmati santapan buka puasa yang telah disediakan. Hemm, suasana keakraban dan jalinan kasih sayang sesama begitu nampak terlihat.

Dan menariknya lagi, diluar dugaan saya sebagai penulis (yang juga ikut hadir sebagai anggota DKBL) dan para tamu undangan lainnya ketika memasuki ruangan santap buka puasa bersama, terlihat di depan panggung Grup Band Legendaris Koes Plus yang dipimpin oleh seniornya Yon Koeswoyo. Mereka itu adalah Koes Plus Junior.

Koes Plus Junior melantunkan lagu-lagu tembang lawas, lagu kenangan sepanjang masa yang asyik dan enak didengar mengiringi para tamu undangan yang tengah menikmati buka puasa bersama. Koes Plus Junior ini sengaja diundang khusus oleh Mas Widodo untuk memeriahkan acara, menambah keakraban dan sesekali diberikan kesempatan bernyanyi bersama mereka para tamu undangan.

catatan penulis:
Koes Plus Grup adalah musik Indonesia yang sangat terkenal terkenal pada dasawarsa 1970-an dan dianggap sebagai pelopor musik pop dan rock’n roll di Indonesia.

3-2
Mas Widodo Menyanyikan tembang lawas yang terkenal di era 70-an “Nusantara V” bersama Koes Plus Junior

Singkat kata dan singkat cerita…

Alhamdulillah pada akhirnya seluruh rangkaian acara Silaturahmi Ramadhan inipun selesai, dan saatnya berjabat tangan pamitan perpisahan satu dengan yang lainnya. Namun rasa-rasanya kenangan Silaturahmi Ramadhan bersama Mas Widodo ini tak bisa dilupakan begitu saja. Saya yakin bukan terjadi pada diri saya saja sebagai penulis, tentunya di diri para rekan-rekan semua yang hadir acara ini. Sungguh terasa makna yang terkandung dalam Silaturahmi ini. Dengan kata lain membina hubungan antar sesama atau dalam bahasa Islamnya adalah Silaturrahim adalah bisa membuat rezeki seseorang menjadi bertambah luas dan memperpanjang usia. Seperti yang disitir dari Hadist:

”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR. Bukhari)

Dan di penghujung perjumpaan Silaturahmi Ramadhan ini mas Widodo berpesan khusus kepada penulis cepagram.com sebagai berikut:

“Marilah kita bersama meningkatkan amal ibadah kita, serta menaruh kepedulian sesama melalui kegiatan silaturahmi semacam ini. Silaturahmi ini pada hakekatnya untuk menambah kuat ukhuwah dan kasih sayang sesama”, apalagi jika kita dilakukan dalam bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya penuh nilai kebaikan dan kemuliaan dari Allah SWT. Semoga kita bisa dipertemukan kembali pada Bulan Ramadhan 1439 H tahun depan, Amin Yra”.

Tambahan info:
Mas Widodo meraih gelar Doktor bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Yang Pengukuhan gelar dilakukan setelah ia berhasil mempertahankan desertasi berjudul ‘Evaluasi Program pembinaan Karier Perwira Unggulan Prajurit TNI Angkatan Laut’ pada sidang terbuka senat di UNJ, Jakarta, Senin 20 Februari 2017. Yang dinyatakan lulus dengan Yudisium Cumlaude.
Sehingga nama lengkap Mas Widodo menjadi: Laksamana Madya TNI DR. Widodo S.E, M.Sc.

Berikut Gallery Suasana Silaturahmi Ramadhan Kemarin:

Widodo Kemhan

Widodo

Widodo

12

Utep

Utep

Sampai berjumpa kembali di Ramadhan 1439 H tahun depan …

Penulis: 
Eqbal CEPA
Editor: Cak Lea

cc: Dokumentasi DKBL

Salam Lumajang Oke ...
Salam Lumajang Oke …

 

 

 

 

 

 

_________________

Rek ayo rek mlaku-mlaku nang Lumajang .. Ayo jang!

Facebook Comments