Friday, December 29, 2023
Google search engine
HomeNews FlashPresiden Jokowi Akan Menunda Proyek Infrastruktur Besar Guna Menjaga Nilai Tukar Rupiah

Presiden Jokowi Akan Menunda Proyek Infrastruktur Besar Guna Menjaga Nilai Tukar Rupiah

Presiden Joko Widodo disebut bakal menunda pembangunan sejumlah proyek infrastruktur besar guna menekan impor. Pada akhirnya, hal itu menjadi salah satu upaya menjaga nilai tukar rupiah yang belakangan terus melemah.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika mengakui pembangunan infrastruktur memang turut berkontribusi pada kenaikan impor. Kenaikan impor pun berpengaruh pada fluktuasi nilai tukar rupiah.

“Proyek infrastruktur yang besar-besar dan tidak mendesak akan ditunda untuk mengerem impor,” ujar Erani saat berkunjung ke kantor Transmedia, Rabu (25/7).

Erani belum bisa merinci proyek-proyek mana saja yang bakal ditunda Jokowi. Namun, ia memastikan rencana tersebut tak bakal membuat proyek-proyek tersebut mangkrak.

Sebelumnya, Ekonom Senior Faisal Basri menilai pelemahan rupiah tak hanya didorong faktor eksternal, tetapi juga didorong ambisi pemerintah dalam menggenjot pembangunan infrastruktur.

Ia menyebut pembangunan infrastruktur dilakukan pemerintah melampaui kemampuannya sendiri. Karenanya, pemerintah dinilai jor-joran membangun infrastruktur. Padahal, pembangunan proyek infrastruktur mendongkrak kenaikan impor bahan baku dan barang modal yang belum bisa diproduksi di dalam negeri.

Bengkaknya impor membuat neraca perdagangan pada sepanjang semester pertama tahun ini mencatatkan defisit sebesar US$1,02 miliar. Angka ini sebenarnya sudah turun dari defisit pada Januari-Mei yang mencapai US$2,83 miliar.

Adapun, defisit perdagangan disebut sebagai salah satu biang keladi pelemahan nilai tukar rupiah. Sejak beberapa bulan terakhir, rupiah melemah hingga sempat menyentuh level Rp14.564 per dolar AS di awal pekan ini.

Baca juga: Catatan Media: Antara Kebut Proyek Infrastruktur & Maraknya Kecelakaan Kerja?

sumber: cnnindonesia.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments