Inflasi Juni: Puncak Inflasi di Tahun 2019 Telah Berlalu

0
210
Menkeu Sri Mulyani

Inflasi bulan Juni tercatat sebesar 0,55% (mom) atau 3,28% (yoy). 

Data inflasi itu lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan Mei sebesar 3,32%(yoy) serta inline dengan ekspektasi inflasi kami sebesar 3,20% (yoy). Penurunan inflasi tersebut kemungkinan besar menunjukkan berakhirnya puncak inflasi di tahun 2019.

Berkahirnya puasa dan libur lebaran dorong penurunan inflasi. 

Tercatat inflasi mengalami penurunan didorong oleh penurunan kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. Kelompok pengeluaran ini mengalami deflasi sebesar 0,14% (mom) atau 0,66% (yoy). Penurunan harga kelompok pengeluaran ini sejalan dengan berakhirnya libur lebaran yang mendorong penurunan tiket kereta api dan pesawat.

Tekanan inflasi masih akan didorong oleh inflasi bahan makanan dan makanan jadi. 

Walaupun sempat melemah di bulan Juni kami memperkirakan inflasi kemungkinan akan kembali meningkat di bulan Juli dan Agustus seiring masih meningkatnya tren kelompok pengeluaran bahan makanan dan makanan jadi, minuman rokok, dan tembakau. Inflasi Juli dan Agustus kami perkirakan akan lebih tinggi, juga disebabkan masih naiknya tren inflasi inti yang menunjukan masih tetap tumbuhnya permintaan masyarakat serta konsumsi. Walaupun demikian, kami melihat inflasi Juli dan Agustus akan tetap lebih rendah dibandingkan inflasi Mei akibat melemahnya komponen harga bergejolak terutama energyakibat masih relatif rendahnya harga minyak dunia. 

Inflasi yang rendah memberikan ruang bagi BI untuk menurunkan tingkat suku bunga di bulan Juli. 

Inflasi Juni yang mengalami penurunan menunjukkan bahwa inflasi di Indonesia masih dalam tren inflasi yang rendah. Inflasi kemungkinan besar masih akan berada di bawah target rata-rata inflasi BI sebesar 3,5% hingga akhir tahun 2019 sesuai dengan ekspektasi kami. Kami melihat inflasi yang rendah serta kemungkinan diturunkannya tingkat suku bunga oleh The Fed bulan Juli membuka ruang bagi BI untuk menurunkan tingkat suku bunga bulan ini.  – samuel sekuritas  

Facebook Comments