Bau Badan Masih tercium Meski Sudah Mandi ? Berikut 5 Cara Mengatasinya

0
113

Keringat yang berlebih menjadi salah satu penyebab terjadinya bau badan. Keringat sesungguhnya tidaklah berbau, tetapi keringat yang melekat terlalu lama pada kulit akan menambah bakteri penyebab bau tidak sedap. Bau yang tidak sedap ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman bahkan dapat dijauhi orang sekitar.

Bau badan sebetulnya adalah kondisi alami yang khas pada tiap orang. Namun, Kondisi ini menjadi gangguan bisa bau yang tercium kurang sedap. Rasa percaya diri bisa jatuh karena bau badan yang tidak enak

Aroma yang tidak sedap sebetulnya mengindikasikan beberapa hal, misal pola makan yang salah atau kebersihan tubuh yang minim. Berikut beberapa solusinya dikutip dari situs National Health Security (NHS) Inggris.

  1. Mandi Lebih Teratur dan Rajin

Masih bau meski sudah mandi jangan disikapi dengan tidak lagi membersihkan mandi. Mandi tetap harus dilakukan untuk membunuh bakteri di permukaan kulit. Saat cuaca terasa lebih panas dan keringat banyak keluar, sebaiknya mandi dua kali sehari untuk menjamin kebersihan kulit.

2. Cukur Bulu Ketiak

Rambut ketiak bisa menjadi penyebab timbulnya bau badan yang kurang sedap. Rambut yang terlalu banyak mengakibatkan keringat sulit menguap, hingga menjadi tempat hidup ideal bagi bakteri. Selain cukur, sebaiknya cuci ketiak dengan sabun antibakteri tiap kali membersihkan tubuh.

3. Menggunakan Deodorant

Deodoran dan antiperspiran mengandung bahan kimia berbeda untuk mengatasi bau badan. Deodorant menggunakan parfum sedangkan antiperspiran mengandung aluminium klorida. Bahan kimia ini mampu mengurangi produksi keringat berlebih pada tubuh. Antiperspiran bisa digunakan malam hari sebelum tidur atau usai mandi.

4. Menggunakan Pakaian Yang Berbahan Sejuk

Mengganti pakaian lebih sering dengan yang bersih menekan risiko aroma tubuh tak sedap. Selain itu sebaiknya pilih pakaian yang berbahan serta natural misal wool, katun, atau sutra. Bahan ini menjaga sirkulasi udara, yang memungkinkan kulit bernapas dan keringat lekas menguap.

5. Tidak Banyak Memakan Makanan Berbau Tajam

Makanan dengan rasa dan aroma yang tajam ternyata berisiko menyebabkan aroma tubuh tidak sedap. Salah satunya bawang putih yang bisa mengakibatkan bau keringat. Bau badan juga cenderung makin tidak sedap dengan konsumsi daging merah yang terlalu banyak.

Facebook Comments