Cerita Dibalik Lagu Galang Rambu Anarki

    0
    394
    Iwan Fals

    GALANG RAMBU ANARKI

    Siapa yang tak kenal dengan Iwan Fals, sosok musisi legendaris Indonesia.
    Iwan Fals banyak mempersembahkan lagu-lagu khas yang selalu diapresiasi dan membuat kagum penikmat musik tanah air dari semua kalangan yang di dalamnya terselip pesan-pesan sederhana namun bermakna dan menohok.

    Salah satu karya spektakulernya Iwan Fals ‘Sang Maestro Musik Indonesia’ itu adalah Galang Rambu Anarki. Lagu itu bercerita tentang keresahan orang tua tentang harga-harga bahan pokok yang mahal di tahun 1980-an.

    Tak hanya sekedar judul lagu, Galang Rambu Anarki rupanya juga merupakan nama putra sulung Iwan Fals. Dari pernikahannya dengan Rossana, Iwan Fals diketahui memiliki orang 3 anak. Yakni, Galang Rambu Anarki, Anisa Cikal Rambu Basae dan Raya Rambu Robbani.

    Putra sulung Iwan Fals, Galang Rambu Anarki lahir pada 1 Januari 1982.
    Sayangnya, Galang meninggal dunia di usia muda pada 25 April 1997 saat usia 15 tahun. Galang disebut meninggal akibat sakit asma. Namun beredar rumor bahwa Galang berpulang akibat overdosis narkoba.

    Dalam wawancara khusus Iwan Fals bersama presenter Andy F. Noya di tayangan Kick Andy, Iwan membongkar rahasia kematian putranya. Hal ini seperti dikutip GridHot.ID dari unggahan akun YouTube Perjalanan Hidup yang memposting sebuah video pada 27 Desember 2017.

    Berikut cuplikan saat tanya jawab Iwan Fals dalam acara Kick Andy:

    “Saya memberanikan diri bertanya pada anda, apakah Galang meninggal overdosis menggunakan obat-obatan terlarang?,” tanya Andy F. Noya.

    “Ndak, itu, ndak.. ndak… udah… apa, pernafasan dia agak nggak bagus ya, di pernafasan dia. Sempet dia seperti layaknya anak-anak di umur segitu, mencoba ya, ‘oh, ini ganja ya, ini apa’, putaw ya saat itu?.

    Ini, ini, ini tapi udah tau, udah tau, terus aku mau musik, pengertian. Tapi, saya percaya sama dia, dia cepet tahapan itu dia lewat. Dan dia lewatin dengan gagah. Dan albumnya diselesaiin,” jelas Iwan Fals.

    “Ada yang mengatakan, Galang coba-coba mengkonsumsi obat-obatan, karena anda juga pernah mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Seberapa jauh kebenarannya?,” tanya Andy F. Noya lagi.

    “Jauh… Benar, jauh. Untung Yos (istri Iwan Fals) banyak bantu saya. Temen-temen OI, banyak menyadarkan saya, Falsmania juga, Pers juga itu, keluarga saya. Temen-temen,” jelas Iwan. “Berapa lama anda tenggelam dalam urusan narkoba ini?,” tanya Andy.
    “Ada, lama ya… 79-80,” Jawab Iwan.

    Kepergian Galang tentunya memberikan duka mendalam bagi sang ayah, Iwan Fals. Terdapat momen begitu memilukan saat Iwan Fals memandikan jenazah almarhum.

    Dikutip dari Tribun Bangka, ada sebuah kalimat yang diucapkan Iwan berkali-kali. “Galang, kamu sudah selesai, Papa yang belum, Lang, kamu sudah selesai, Papa yang belum,” ujar Iwan Fals seperti dikutip. Semasa hidupnya, Galang Rambu Anarki merupakan sosok ‘pemberontak’. Dirinya tidak ingin menikmati angin segar di atas nama besar ayahnya.

    Dalam sebuah wawancara dengan tayangan Infotainment Kabar Kabari, semasa hidup Galang Rambu Anarki sempat mengaku tak ingin mengekor pada nama besar sang ayah. Hal ini seperti dikutip dari unggahan video akun Imaji Nasi pada 31 Oktober 2017.

    “Galang pengen punya warna musik sendiri om, bukan alternatif, bukan Pop, bukan apa, bikin aliran sendiri. Hehe… memulai sesuatu yang baru. Ya Iwan Fals, Iwan Fals, Galang ya Galang lah… lain…,” ujarnya Galang saat itu. Saat ditanya apa warna musik Galang dan konsep bermain musik bandnya, Galang mengaku warna musiknya nggak monoton.

    “Bebas di sini, nggak ada yang ngelarang sih om, maksudnya vokalisnya musti gini.. gini… enggak gitu. Main aja sebebasnya,” lanjut Galang. Galang memutuskan keluar dari SMP Pembangunan Jaya di Bintaro yang kala itu adalah sekolah termahal di ibu kota.

    Galang lebih memilih bermusik, bahkan saat itu ia ingin menikah.
    Dalam benaknya, dengan dirinya berkecimpung di dunia musik maka istrinya akan ternafkahi. Meski memutuskan untuk berhenti sekolah, Iwan Fals mengaku bahwa putra sulungnya itu bertanggung jawab atas segala keputusan yang diambilnya.

    Iwan Fals bahkan menjadi saksi betapa gigih Galang meraih mimpi. Hal itu terlihat saat bandnya sedang latihan, Iwan melihat Galanglah satu-satunya anggota band yang datang paling pagi. Di balik segala sikap Galang yang membuat Iwan kewalahan, ternyata Galang merupakan anak yang tak suka hura-hura.

    Ia dulunya minta uang hanya untuk ongkos ke sekolah, sedangkan untuk belanja ia tak punya biaya. Di usia masih sangat muda Galang mampu membentuk sebuah band Bernama Bunga. Dimana dirinya menjadi seorang gitaris.

    Sebelum meninggal, Galang dan band-nya sempat mengeluarkan sebuah album. Di kenal sebagai sosok remaja yang cuek, nyatanya Galang sempat menjadi trendsetter bagi orang-orang seusianya.

    Saat masih hidup, Galang kerap memakai kalung kawat dan banyak kalangan anak muda yang meniru gayanya. Semoga Galang Rambu Anarki saat ini mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin … Alfatihah.

    Artikel ini diambil dari bangka.tribunnews.com yang berjudul ‘Kisah Galang Rambu Anarki, yang Lahir Tanggal 1 Januari dan Meninggal di Usia Muda’, yang di edit dan dikupas habis oleh cakLEA namun tidak merubah substansi cerita pokok artikel tersebut. Semoga memberi inspirasi kepada kita semua. Amin.

    Iwan Fals Gallery:

    iwan-fals-1

    iwan-fals-333

    Iwan Fals & D'Masif dalam acara Talk Show
    Iwan Fals & D’Masif dalam acara Talk Show

    iwan-fals-dmasif

     

    Facebook Comments