Icip Potensi Investasi Properti High Rise di Kota Malang

0
284
Apartement Kalindra - Aston Malang

Icip Potensi Investasi Property High Rise di Kota Malang

Bisnis hunian vertikal yang lazim nya disebut Apartemen telah tumbuh berkembang pelan tapi pasti di kota Malang, kota pendidikan yang lebih dikenal dengan kota Apel, yakni Malang Jawa Timur. Perkembangan ini sepertinya sengaja dibuka oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Bahkan saat ini pemkot tengah mengubah regulasi terkait izin ketinggian bangunan untuk mengakomodasi kebutuhan para investor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto mengungkapkan bahwa saat ini Pemkot Malang sedang mengevaluasi dan mengkaji kembali peraturan daerah (perda) rencana tata ruang wilayah (RTRW).

“Yang selama ini berlaku Perda nomor 4/2011 masih membatasi ketinggian bangunan 20 lantai. Nanti di titik tertentu akan kami lepas (aturan) itu karena pangsa pasar membutuhkan,” ujarnya ketika membuka sosialisasi pajak BPHTB di ruang sidang balaikota, pernyataan ini dimuat dalam Malang Times.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa pasar properti Malang perlu diperhitungkan. Pertama, Malang perlahan namun pasti mulai kebanjiran investor dari pengembang besar swasta maupun BUMN (Wika Realty, Ciputra, PT. PP Properti Tbk serta PT. Adhi Karya dan sebagainya).

Alasan kedua, telah diresmikannya proyek infrastruktur baru, seperti proyek Tol Pandaan – Malang yang tentunya hal ini mempermudah dari segi transportasi serta mengurangi kemacetan perjalanan dari luar kota Malang, sehingga potensi kunjungan pariwisata pun secara otomatis meningkat.

Serta alasan ketiga , captive market mayoritas merupakan kalangan mahasiswa yang mana pertumbuhan jumlah mahasiswa rata-rata per tahun diperkirakan mencapai 41.311 orang yang berasal dari luar kota Malang. Tahun 2019 Universitas Brawijaya menempati urutan pertama dengan jumlah peminat 55.871 peserta SBMPTN.

Alasan-alasan itu mengapa saat ini pertumbuhan pembangunan Apartemen di kora Malang yang awalnya masih hanya 2 apartemen yang telah beroperasional, maka di akhir tahun ini akan disusul oleh beberapa Apartemen.

Berikut Apartemen yang ada di kota Malang:

1. Apartemen Soekarno Hatta,

Dikenal dengan Everyday Smart, dibangun sejak 05 Desember 2009, terdiri dari 15 lantai dengan 2 basement terletak di pinggir Jalan Soekarno Hatta, radius terdekat dengan Universitas Brawijaya dan Polinteknik Negeri Malang. Pioner dalam apartemen dan saat pengelolaannya sewa – sistem hotel dan dikenal dengan Everyday Smart

2. Apartemen Malang City Point,

Berada di jalan Raya Dieng, merupakan apartemen dengan konsep mixed house yang terdiri dari apartemen, kondotel, citywalk dan shophouse.dengan dukungan tenant seperti Starbucks, J-Co, ACE Hardware, Ta Wan, Rice Bowl dan lain sebagainya.Mengenai lokasi, superblok ini dikelilingi oleh kawasan residensial dan beberapa perguruan tinggi ternama. Sebut saja Universitas Negeri Malang, Universitas Merdeka dan lain sebagainya,

3. Apartemen Begawan

Berada di jalan propinsi, Jl Raya Tlogomas No 1 Malang, terdiri dari 20 lantai – 959 unit, mengusung konsep Premium Student dan dibangun oleh PT. PP Properti Tbk.

Apartemen, yang didukung dengan fasilitas Anti Narkoba kerjasama dengan BNN, serta e-library serta fasilitas umum lainnya yaitu free wifi, library, lapangan futsal, kolam renang, area gym, plaza untuk communal space, commercial area dan tenaga keamanan 24 jam.

apartemen-malang-1
Apartemen Begawan di Tlogomas, under construction. Rencana Topping Off Agustus dan Rencana Serah terima Januari 2020

Lokasi Begawan Apartemen dikelilingi berbagai perguruan tinggi negeri & swasta antara lain Universitas Brawijaya, Polinema, Univ Muhammadiyah Malang, Unisma dan sebagianya.

Alasan tersebut diatas itulah yang menyebabkan pada saat launching pertama kali di tahun 2017 telah terjual 60%. Menunjukan antusiame para investor dan calon investor terhadap bangunan high rise di kota malang cukup tinggi. Diperkirakan awal tahun 2020 Begawan Apartemen telah beroperasi.

4. Apartemen Nayumi,

Lokasi di pinggir jalan Soekarno depan Polinema masih under constrution dan pengurusan ijin yang diperkirakan di akhir Agustus 2019 dapat terselesaikan. Terdiri dari dua tower apartemen (805 unit) dan satu hotel kerjasama dengan Yello Hotel, konsep apartemen termasuk baru yaitu LOFT.

Apartemen Nayumi - under construction
Apartemen Nayumi – under construction

5. Apartemen Kaliandra

Apartemen ini berada di di Jalan Ahmad Yani, Blimbing Kota Malang dekat dengan pintu keluar tol Surabaya-Malang, Bandara Abdulrachman Saleh, dan Kawasan Ekonomi Khusus Singosari. Bekerja sama dengan Pt Archipelago International yaitu Aston Malang City, sebuah hotel jaringan berbintang, dibangun 16 lantai serta dilengkapi dengan fasilitas juga telah disiapkan bagi para penghuni apartemen diantaranya kartu akses, area komersial, foodcourt dan cafe, kolam renang, wifi, spa, tempat bermain, pusat kebugaran, dan gym

6. Apartemen Dhika Universe

Dibangun oleh PT Adhi Persada Properti dan masih under constrution.

7. Apartemen Samaview

Lokasi di Karangploso Malang, dimulai pembangunannya pada tahun 2019 dan target selesai 2021 terdiri dari 7 lantai dilengkapi fasilitas restoran, sarana olah raga, sauna dan kolam renang. Di lantai enam untuk hotel bintang empat

Persaingan bisnis properti high rise di kota semakin sexy, dan di dukung oleh Pemerintah Daerah serta captive market yang sangat pontesial, hal ini mendorong para pengembang untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menyajikan produknya serta fasilitas pendukung yang menambah kenyamanan para penghuninya. Ada harapan lain dengan tumbuhnya industri properti di kota Malang ini, yaitu peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di sekitarnya yang lebih baik lagi.

Selamat menikmati kota Malang,

Oleh:
Ika Rahmawati – Alumni Polinema Akuntansi 1996

ika-rahmawati-polinema

Facebook Comments