Definisi Terkait K3 Menurut SE Menteri PUPR No. 11/SE/M/2019

0
544
Safety First

Definisi:

  • Keselamatan Konstruksi adalah segala hal yang meliputi kegiatan keteknikan dalam mewujudkan Pekerlaan Konstruksi yang aman dan andal serta meajaga keselarnatan dan kesehatan pekerla serta lingkungan.
  • Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi yang selanjutnya disebut SMKK adalah bagian dari sistem rnanajemen pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi dalam rangka penerapan keamanan, keselamatan, kesetratan, dan keberlanjutan pada setiap Pekerjaan Konstruksi.
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi yang selanjutnya disebut K3 Konstruksi adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan keceiakaan kerja dan penyakit akibat kerja.
  • Ahli K3 Konstruksi adalah tenaga teknis yang mpmpunyai kompetensi khusus di bidang K3 Konstruksi dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi Sistem Manajemen Keselamatan KonstrUksi yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan dan kompetensi yang diterbitkan oleh lerrlbaga atau instansi yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Petugas K3 Konstruksi adalah petugas di dalam organisasi Pengguna Jasa dan / atau organisasi Penyedia Jasa yang telah mengikutl bimbingan teknis SMKK Bidang PUPR, dibuktikan dengan surat keterangan mengikuti pelatihan/bimbingan teknis yang diterbitkan oleh unit Eselon II yang menangani Keselamatan Kolstruksi di Kementerian PUPR dan/atau sertihkat pelatihan dan kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga atau instansi yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Biaya SMKK adalah biaya keamanan dan kesehatan kerja serta Keselamatan Konstruksi yang hzrrus diperhitungkan dan dialokasikan oleh penyedia jasa dan pengguna jasa.

Baca juga ini:

Ikuti – BIMTEK Spesial PT. Cepa Jasa Indonesia bersama KEMENTERIAN PUPR

Apa Itu Budaya K3?
_
________________________________________________________________

cepagram.com – the only one in the world of CEPA

Facebook Comments