Economic Conditions & Trends

0
165

Berita Global

·      Penjualan retail di AS naik bulan Juli menjadi 3,4% (yoy) dari bulan sebelumnya 3,3% (yoy) menurunkan kekhawatiran resesi di AS. (SSI)

·      Kinerja ekspor Singapura Juli turun untuk bulan kelima berturut-turut. Mengutip Reuters, Jumat (16/8), agen perdagangan Enterprise Singapore melaporkan ekspor domestik non-minyak (NODX) turun 11,2% year on year (YoY).  (Kontan)

Berita Domestik

·         Neraca dagang Juli defisit, tren surplus dua bulan berturut-turut terhenti. Neraca perdagangan Indonesia pada Juli 2019 mengalami defisit US$ 0,06 miliar. Raihan ini sekaligus menghentikan tren surplus yang terjadi dua bulan terakhir, Mei dan Juli lalu masing-masing sebesar US$ 0,19 miliar dan US$ 0,22 miliar. (Kontan)

·         Defisit neraca perdagangan migas pada Juli 2019 tercatat sebesar US$ 0,14 miliar, membaik dibanding posisi bulan sebelumnya US$ 0,97 miliar. Penopangnya: peningkatan ekspor migas dari US$ 0,75 miliar menjadi US$ 1,61 miliar. (Kontan)

·         Peningkatan ekspor migas terjadi pada seluruh komponen, baik hasil minyak, minyak mentah, dan gas. Sementara impor migas Juli 2019 sebesar US$ 1,75 miliar, tidak banyak berbeda dari angka bulan sebelumnya US$ 1,71 miliar. (Kontan)

Dollar Index menguat rupiah diperkirakan bergerak menguatDollar indeks diperkirakan menguat ke level 98.28-97,40 terhadap yen dan euro. Penguatan dollar didorong oleh data penjualan retail AS yang naik di atas ekspektasi di bulan Juli 3,4% (yoy) di bandingkan bulan sebelumnya sebesar 3,3% (yoy). Naiknya data penjualan retail tersebut menurunkan kekhawatiran investor akan resesi kemungkinan resesi yang akan terjadi di AS setelah yield curve di AS mengalami inversi. Data penjualan retail tersebut juga menjadi indikasi bahwa pertumbuhan ekonomi AS masih cukup kuat di triwulan ketiga. Rupiah diperkirakan mengalami penguatan setelah data neraca perdagangan Indonesia tercatat defisit yang cukup terbatas di bulan Juli sebesar USD 60 juta.   Rupiah kemungkinan menguat ke level Rp14.250/USD-Rp 14.280/USD.

Gawat 5 Negara Besar Berisiko Terkena Resesi

Ini Pidato Lengkap Jokowi di Depan Sidang Bersama DPD dan DPR RI

Gawat! Harga Batu Bara Anjlok dan Terendah Dalam 3 Tahun

Jokowi Paparkan Visi Besar Indonesia Maju

Jokowi: Saya Minta Izin Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Tonton ini:
Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

live-pidato-jokowi

Facebook Comments