Wait and See Arah Kebijakan Suku Bunga ECB

0
110
Jembatan Qingdao Haiwan - Jembatan Terpanjang di Dunia

Highlights

·      Perbankan: Kredit perbankan diproyeksi tumbuh 10,9% di 2020

·      JSMR: Progress Konstruksi Tol Japek II Elevated Capai 95%

·      SSIA: Raih Pinjaman dari Anak Usaha Rp 220 Miliar

·      CPO: Kementerian Perdagangan Pastikan India Turunkan Bea Masuk Sawit

·      Cigarette: Asosiasi Berharap Cukai Rokok kurang dari 10%

·      INCO: INCO Optimistis Mencapai Target Produksi Nikel

Wait and See Arah Kebijakan Suku Bunga ECB

Pada perdagangan semalam 9/9/2019 bursa AS ditutup mix: Dow Jones +0.14%; S&P -0.01% dan Nasdaq -0,19%. Sementara IHSG kemarin ditutup menguat mengikuti beberapa bursa Asia lainnya seperti Nikkei +0.6%, Shanghai +0.8% dan Kospi +0.5%. Dengan demikian IHSG telah ditutup menguat 4 hari berturut-turut dan Rupiah ditutup menguat pada level Rp14,035/USD.

Pasar terlihat masih wait and see terhadap keputusan Bank Central Eropa (ECB) tentang kebijakan suku bunga simpanan yang akan diputuskan Kamis pekan ini.  Selain itu, pasar juga menanti data infasi Agustus AS yang juga akan dipublikasikan Kamis 12/9/2019. Data inflasi menjadi salah satu indikator The Fed dala menentukan kebijakan suku bunga. Survey probabilitas The Fed akan memangkas suku bunga pada FOMC pekan depan 18/9/2019 mencapai 93,5%. Update dari perang dagang dikabarkan bahwa awal bulan depan negosiasi kembali dibuka di Washington D.C.

Harga minyak telah mengalami kenaikan satu minggu berturut-turut hingga menyentuh USD63/barel untuk jenis Brent dan USD58,23 untuk jenis Light Sweet. Kenaikan harga minyak didorong komitmen Arab Saudi memangkas produksi sesuai kesepakatan OPEC.

Pagi ini indeks Nikkei, Kospi, Hang Seng dan Strait Times dibuka menguat. Kami perkirakan IHSG akan bergerak flat, namun diharap berhati-hati dengan kemungkinan adanya aksi profit taking setelah IHSG ditutup menguat 4 hari berturut-turut.

Baca juga ini:

Berharap Aliran Devisa dari Pariwisata

Pagi Ini Jokowi Diagendakan Bertemu Tokoh Papua

Facebook Comments