Sabela Gayo Ikuti FIDIC Contract Training di Vietnam

0
95
Penyerahan sertifikat FIDIC CONTRACT Training dari Zoltan Zahonyi (FIDIC Accredited International Trainer), Sabtu, 9 November 2019 di Liberty Central Saigon Riverside Hotel, Ho Chi Minh City, Vietnam. #AhliHukumKontrakPengadaanMendunia

SABELA GAYO IKUTI FIDIC CONTRACT TRAINING DI VIETNAM
(8 – 9 November 2019)

Vietnam Engineering Consultant Association (VECAS) bekerja sama dengan International Federation of Consulting Engineer (FIDIC) menyelenggarakan Pelatihan FIDIC Contract selama 2 (dua) hari di Liberty Central Saigon Riverside Hotel, Ho Chi Minh City, Vietnam. Pelatihan selama 2 (dua) hari tersebut akan membahas tentang FIDIC Contract seperti Conditions of Contract for EPC/Turnkey projects dan Design-Build Contract. Narasumber yang mengajar pada kegiatan FIDIC Contract Traini adalah Zoltan Zahonyi (FIDIC Accredited International Trainer) dari Hungaria.

Pelatihan FIDIC Contract tersebut di ikuti oleh lebih dari 60 (enam puluh) peserta yang berasal dari anggota VECAS dan individu dari Penyedia Barang/Jasa (Kontraktor) yang berada di Vietnam. Pada saat yang bersamaan Sabela Gayo, Ph.D.,CPL.,CPCLE.,ACIArb.,CPrM selaku President International Federation of Procurement Bar Association (IFPBA) juga mengikuti FIDIC Contract Training tersebut. IFPBA juga berencana akan menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan VECAS dalam penyelenggaraan FIDIC Contract Training di Indonesia.

IFPBA juga sangat memberikan perhatian yang tinggi terhadap pembentukan Dispute Avoidance/Adjudication Board (DAAB) di Indonesia sebagai salah satu menkanisme penyelesaian sengketa Kontrak Kontruksi yang berada pada Contract Level Dispute Resolution. IFPBA berharap dapat menjalin kerjasama dengan FIDIC dan anggota – anggota FIDIC lainnya di berbagai negara dalam penyediaan Procurement/Construction Lawyer yang nantinya dapat ditunjuk/diangkat sebagai anggota DAAB di berbagai negara anggota FIDIC yang membutuhkan tenaga Procurement/Construction Lawyer yang kapabel. netral dan independen.

Pada sesi FIDIC Contract Training, Zoltan Zahonyi menyampaikan bahwa FIDIC telah menerbitkan FIDIC Golden Principles yang isinya menjadi alat ukur dalam implementasi FIDIC clauses karena menurut Zoltan selama ini banyak pihak yang pada teorinya menggunakan standar FIDIC Contract tetapi pada kenyataannya isi/substansi Pasal – Pasal yang ada di dalam Kontrak tersebut sangat bertentangan dengan standar Pasal – Pasal FIDIC Contract itu sendiri. Oleh karena itu FIDIC telah menerbitkan FIDIC Golden Principles yang akan menjadi alat ukur dan evaluasi bagi pihak – pihak yang salama ini telah menyimpangi ketentuan FIDIC demi untuk kepentingan pribadi mereka.

Sabela Gayo, Ph.D juga menyampaikan bahwa FIDIC Contract Training sangat baik dan penting untuk dikembangkan di Indonesia agar semakin banyak pemangku kepentingan (stakeholders) Jasa Konstruksi di Indonesia yang memahami dan menguasai keterampilan berkontrak yang benar sesuai dengan standar FIDIC.

Tentang SABELA GAYO, S.H.,M.H.,Ph.D.,CPL.,CPCLE
PRESIDENT INTERNATIONAL FEDERATION OF PROCUREMENT BAR ASSOCIATION (IFPBA)
Baca di sini:

Sabela Gayo, Ph.D

Facebook Comments