Aktuaria

0
281

Aktuaria itu sebuah profesi yang berdasarkan penghitungan statistika untuk menghitung resiko,yang awalnya disiplin ilmu ini digunakan dalam dunia asuransi,sekarang ini Aktuaris juga melangkah lebih jauh untuk pekerjaan yang meliput ” big data”, seperti usaha2 start up,akutansi perusahan skala besar, bahkan seorang akuntan publik di beberapa negara maju tidak bisa memberikan opini kalau belum mendapat persetujuan aktuaris.

Dalam jurusan Aktuaria ,ilmu utamanya, statistika, data2 besar, ekonomi, akutansi, dan coding.

Keterangan ini saya dapatkan dari Prof Basuki ,dekan MIPA dan data science ITS yg saya temui karena putra saya ngotot memilih Aktuaria sedangkan saya awam sekali.

Sekarang ini Aktuaria ada kalau nggak salah ada di 4 perguruan tinggi ITS, ITB, IPB, UI, dan belum melahirkan sarjana si ,tetapi mahasiswa Aktuaria ini sudah sejak semester 3 dibiayai oleh perusahaan besar.

Putra saya diterima di IPB dan ITS untuk jurusan Aktuaria. kami memilih ITS dengan pertimbangan Aktuaria ITS sudah merupakan jurusan sendiri, sedangkan yg lain masih terafiliasi dgn jurusan matematika dan statistika. Karena dia sudah merupakan jurusan sendiri ruang geraknya untuk maju bisa pesat kedepannya.

Aktuaris di Amerika sekarang merupakan profesi dgn penghasilan tertinggi.
Kalau kita telisik pendapat Mendikbud yang baru yg menyatakan masa depan itu ditentukan psikologi, langguage, coding dan statistika. Jurusan Aktuaria musti mendapat perhatian khusus dari stake holder ITS untuk diperhatikan karena jurusan itu yang bersinggungan dengan statement Mendikbud yg baru.

Diawal kemunculannya statistika sudah menempati peringkat 3 di institusi pendidikan terkemuka 3 THN lagi mereka bisa jadi yg pertama.

Akturia ITS bekerjasama dengan University Of Waterloo dan kurikulumnyapun sama persis dari sana. Waterloo University itu 5 yang terbaik di dunia untuk Akturia.

**
Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Di luar negeri profesi aktuaris termasuk kelompok profesi elit dengan gaji sangat besar.

Facebook Comments