Mengenal Lebih Dekat Nurjawan Maruapey

0
226

Berorganisasi, menjalin silaturahmi dengan teman lama ataupun baru, kadang bermain golf saat weekend, nge-band bersama teman lama, atau kuliner dan nonton bersama keluarga adalah sederet aktifitas dan hobi yang dilakukan terutama saat weekend disela kesibukan rutin hariannya sebagai karyawan perusahaan multinasional yang bergerak dibidang petrokimia di daerah Cilegon – Banten.

Nurjawan Maruapey akrab disapa Apey, memulai karir sebagai teknisi operator pada September 1991 bersama sekelompok alumni Teknik Kimia Poltek Universitas Brawijaya berangkat Jakarta kala itu dari terminal Arjosari Malang dengan bis malam Pahala Kencana sebagai transportasi favorit dan terjangkau saat itu.

Memasuki dunia kerja sebagai operator di perusahaan Join Venture PT Petrokimia Nusantara Interindo (PENI) yang saham mayoritasnya dimiliki BP (British Petroleum), sungguh memberikan pengalaman berharga tersendiri. Rasa bangga menjadi alumni Poltek Malang yang saat itu merupakan salah satu institusi pendidikan D-3 yang menjadi rujukan dalam  mencetak alumni yang memiliki kesiapan kerja lebih baik dibanding institusi diploma lainnya. Ini dibuktikan dengan datangnya tim rekrutment BP didampingi tim psikologi UI langsung ke Poltek Malang. Para alumni yang lolos test saat itu berangkat dengan kepercayaan diri ala alumni Poltek Malang meskipun hampir semua baru pertamakali tahu yang namanya Jakarta.

Sudah begitu yang  namanya British council tempat kita ditraining Bahasa Inggris untuk mengawali kerja mendadak berubah jadi kampung jawa bahkan ngalam terutama saat di jam-jam istirahat. Lumayan rasa rindu kampung halaman jadi terobati terutama bagi yang baru pertama kali pergi jauh keluar dari kota Malang. Kurang lebih 25 thn berdomisili di Cilegon, Banten, saat ini Apey telah menikah dengan Elvy Wahyu Andayani dan dikaruniai anak lelaki Al Ghazi Anggaraksa (Angga, 19 thn) dan Aliyah Alfita Salsabilla (Fita, 15 thn).

Berbekal pengalaman dan hobi selama masa sekolah-kuliah, aktif terlibat diberbagai organisasi saat kuliah baik di himpunan, senat mahasiswa, klub sepak bola dan aktif dalam band kampus yang anggotanya gabungan dari beberapa jurusan, merasa perlu menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan tersebut yang terasa sangat berguna memecah kejenuhan ditengah aktifitas rutin. Walhasil saat di PT PENI (sekarang Lotte Chemical) bersama teman-teman sehobi membuat kompetisi sepakbola dan membentuk band perusahaan yang anggotanya sebagian besar teman-tema semasa kuliah dulu. Disamping aktifitas tersebut, untuk kebutuhan pengembangan diri Apey menempuh pendidikan S-1 Teknik Kimia juga ditempuh di Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Cilegon untuk melengkapi pengetahuan dibidang Teknik Kimia. Saat itu berpendapat , mengawali kerja di perusahaan multinasional besar, dengan resiko kerja tinggi karena chemical plant, melakukan pre-commisioning dan start up pabrik Polyethylene dengan skala besar merupakan pengalaman sangat berharga dan akan lebih baik jika dibarengi pengembangan pendidikan formal jika waktunya memungkinkan. Meski banyak hal baru yang ditemui didunia kerja, yang terasa luar biasa adalah kerjasama dan solidaritas yang tinggi antar alumni Poltek membuat kita lupa bahwa kita sedang bekerja jauh dari kampung halaman.

Ditahun kelima, memutuskan pindah kerja dengan alasan klasik untuk tantangan dan pendapatan yang lebih baik dan bergabung dengan PT Amoco Mitsui Indonesia (sekarang PT BP Petrochemicals Indonesia), perusahan yang memproduksi Purified Terephtalic Acid (PTA) bahan baku polyester (tekstil) dan resin (botol). Pengalaman diperusahaan pertama berulang kembali, diperusahaan yang baru juga turut serta dalam pre-commisioning, dan start-up pabrik PTA sebagai supervisor dan kemudian superintendent di area produksi. Ditengah kesibukannya menyempatkan mengambil kuliah Management Pemasaran disalah satu universitas swasta di Jakarta, untuk meningkatkan pengetahuan managerialnya. System dan cara kerja diperusahaan yang begitu melekat dengan resiko proses industri kimia, mengharuskan karyawannya bergelut dan memiliki keahlian tertentu khususnya yang terkait Operasional, Healt Safety & Environment.

Beruntung bekerja diperusahaan global, sehingga untuk pengembangan kompetensi mendapatkan pengalaman dan kesempatan training, benchmark dan melakukan assessment dibeberapa negara grup perusahaan di China, US, Korea, Hongkong, Taiwan, dan beberapa negara lainnya. Sekitar tujuh tahun terakhir mengemban amanah sebagai Logistic Manager BPPI diarea komersial yang mensupport marketing dalam berinteraksi dengan customer, mengelola perijinan terkait operasional perusahaan dibeberapa departemen kementrian terkait dan membawahi kegiatan road safety untuk distribusi ke customer.

Melakukan upaya terbaik dalam setiap aktifitas yang dilakukan sekecil apapun, menjaga kepercayaan dan silaturahmi, dan hargai apapun yang dihasilkan adalah prinsip yang dipercayai sebagai salah satu cara mensyukuri nikmat, meskipun manfaatnya bagi diri belum tentu dirasakan langsung. Lebih jauh kalau direnungkan sebenarnya ini adalah prinsip dan nilai yang ditanamkan sejak mengeyam pendidikan dan tempaan mulai saat menwa dan kuliah di Politeknik dulu. Hal lain yang sangat disyukuri adalah selalu dianugrahi teman-teman dan individu-individu luar biasa yang selalu menemani disetiap langkah kegiatannya.

Syukur alhamdulilah sebagai alumni Polinema yang telah lama bekerja dan berkarir, diberikan Tuhan kesempatan dan waktu untuk melakukan hal lain diluar hobi dan kegiatan lain yang dilakukan,  memutuskan aktif dalam kegiatan alumni Polinema. Institusi yang dirasakan paling berperan membentuk dasar dan kepribadian yang menjadi bekal dalam perjalanan berikutnya. Diawali sebagai ketua Ika Polinema Komisariat Teknik Kimia beberapa tahun yang lalu, kemudian pengurus Ika Polinema Jakarta, Jabar, Banten, Lampung dan saat ini bergabung sebagai di Pengurus Pusat Ika Polinema. Semoga dengan teman-teman yang lain, bersama apa yang dilakukan dapat memberikan manfaat.

Biodata

Nama : Nurjawan Maruapey

Tempat/Tgl lahir : Jakarta, 17 Agustus 1969

Istri & Anak  : Elvy Wahyu Andayani, Al Ghazi Anggaraksa, Aliyah Alfita Salsabilla

Alamat : Serdang Residence C/5, Serdang, Serang

Posisi saat ini : Logistic Manager (Commercial Division), BP Petrochemicals Indonesia

Skill & Achievement Highlight

Certified Continues Improvement coach by BP for development & deployment within BP.

Certified Safety Observation and Conversation trainer by BP in managing operational hidden risk

Certified Lead Auditor for  OHSAS 18001 by Loyd IRCA Approval

Certified Internal Auditor for ISO 9001 (Quality) and  ISO 14001(Environment) Management System

Winner of Safety Leadership Award for 1st BP Believe in Zero program 2016

Commended entry on road safety – Helios 2017 Conquered Fatigue Monster on Road Safety

Ikatan Alumni Polinema

2014-2016       Ketua Ika Komisariat Teknik Kimia Polinema

2017-2019       Sekretaris Ika Polinema Cabang J2BL

2017-2021      Sekum Pengurus Persatuan Golf Indonesia Kota Serang

2019-2023       Sekjen Ika Polinema Pusat

keluarga-nurjawan-maruapey

Facebook Comments