Sekilas Perjalanan Miftah Arifin

0
112

DELIMAJAYA 1990-2007

Ini adalah Perusahaan Automotive Body Builder (Karoseri) . Di Perusahaan ini nama saya jadi sering diingat teman-teman yang lulus seangkatan  (tahun 1997) yang kerja di Jakarta dan sekitarnya, karena perusahaan ini produk utamanya Metromini dan Mikrolet yang legendaris itu. Jadi setiap mereka habis naik metromini mereka sering kontak hanya untuk mengolok-olok karena metromini yang supirnya umumnya orang batak yang sering ugal-ugalan…katanya…ha…ha…ha…. Saya sendiri belum pernah naik metromoni sampai sekarang.

Ketika Krisis Politik dan Ekonomi  1998 terjadi, Saat itu bisnis sangat kacau, hampir mandeg malahan terutama di sector angkutan publik, saat itu terpikir membuat bisnis yang terkait dengan media (yang tentu saja sangat marak karena liputan live jadi trend), dan muncullah/kami buat divisi mobil khusus, hasilnya adalah mobil SNG (satellite New Gathering) dan OB-Van (Outdoor Brodcasting Van) dan ternyata divisi ini berkembang dengan baik. Dan berlanjut dengan Mobil-mobil khusus yang lain.

Berbarengan dengan itu karena masih banyak waktu luang pada akhir 1998 saya ambil kuliah S1 dan tidak pernah lulus sampai sekarang ha…ha…ha….  karena terlalu sering beda pendapat dengan dosen.

ARMOURED MOBILINDO 2007-2010

Karena Keuntungan dari Divisi Mobil Khusus relative bagus dibanding Divisi lain, Delimajaya akhirnya lebih banyak bertumpu ke Divisi itu. Hanya karena divisi itu perlu selalu improve product maka diperlukan Sourching yang kuat dan engineering yang mumpuni. Dan untuk itu juga perlu tenaga/engineering yang bagus dan relasi yang kuat dengan pemasok.

Kondisi ini membuat beban saya menjadi sangat berat karena Owner tidak memahami situasi di lapangan baik tuntukan Customer maupun Pemasok. Ini menimbulkan ketengan hubungan dengan bos. Dan ini berakhir dengan ketidak sesuaian pemikiran saya dengan owner yang berujung saya sampaikan ke bos akan resign kalau hal-hal tertentu terkait dengan kelangsungan divisi/perusahaan itu tidak diakomodasi sesuai yg seharusnya.

Selama 2×3 bulan saya kasi waktu ke bos untuk rubah sikap dan ternyata dia tidak bisa berubah. di bulan ketiga saya tidak aktif dan tidak ambil gaji, Di bulan keenam resign terjadi (2007).

Karena resigne itu alasanya hanya tidak tahan strees yg sudah over, jadi tidak punya ide bisnis yang memadai setelah itu.

Beberapa temen tetap contact karena secara personal mereka percaya kapasitas saya untuk suatu pekerjaan tertentu. Dari mereka datang pekerjaanpekerjaan repair dan pekerjaan baru dalam sekala kecil.

Salah satu customer Delimajaya yang sangat kuat di Kepolisian tahu bahwa penanggung jawab baik Produksi maupun engineering adalah saya,  ketika pekerjaan dari kepolisian turun untuk tahun 2008, customer tersebut mencari saya dan diminta untuk ambil pekerjaan tersebut. Karena mesti modal besar dan tempat luas (Pekerjaan Mobil Water Canon, {elayanan SIM dll), saya ajukan saya sebagai pemborong saja, dan disetujui. Jadi saat itu saya punya dua lokasi, di Tajur status sewa untuk pekerjaan retail dan di Cileungsi sebagai pemborong.

Dan di 2007 akhir itu saya ditunjuk sebagai direktur oleh customer saya tadi sebagai direktur perusahaan dia PT. Armoured Mobilindo, tapi tidak digaji, hanya dapat dari posisi saya sebagai pemborong…..ha…ha….ha…… dan saya minta dibayar pajak saya saja. Jadi aneh juga tidak terima bayaranya tapi bayar pajaknya

Sebagai direktur saya minta satu account untuk jalanin bisnis saya yang di Tajur untuk memastikan masalah perpajakan, karena bisnis itu cenderung berkembang.

INDRAPARSTA MULIA TEKNIK 2010-Sekarang

Setelah kerja selama 2.5 tahun punya sedikit dana utk beli lokasi (yg sekarang di Sentul). Dan pada 2010 akhir terpaksa harus pindah ke lokasi baru yang belum siap karena lokasi di Tajur disewa perusahaan yang lebih besar (Ajinomoto). Jadi pindah ke Sentul dalam kondisi hanya ada pagar dan satu saung.

Di Sentul usaha berkembang seiring semakin banyaknya contact dan bervariasinya Product. Sampai saat ini. Dan karena perkembangan itu pada 2014 saya lepas posisi di Armoured Mobilindo dan mendirikan PT. Idraprasta Mulia Teknik.

Sampai saat ini kami tercatat sebagai Bengkel Karoseri Tertunjuk oleh Departemen Perhubungan dan Sebagai salah satu Indutri Pertahanan oleh Departemen Pertahanan dengan produk-produk seperti yang ada dalam katalog.

Facebook Comments