Tahukah Anda Makna di Balik Lagu What’s Up- 4 Non Blondes?

0
21
https://youtu.be/6NXnxTNIWkc

https://www.youtube.com/watch?v=6NXnxTNIWkc

Makna di balik What’s Up–4 Non Blondes (versi gue)

Nur Maimunita Fitriah
27 April 2015
 
Blank… entah kenapa tiba-tiba kepengen dengerin lagu ini…
Lagu dari 4 non blondes, lagu jaman baheula kali yah. Tapi bagi gue, ini lagu fenomenal banget dan meaningfull.
Let see..
 
Twenty-five years and my life is still 
Trying to get up that great big hill of hope
For a destination
Yup umur udah hampir seperempat abad. Masih terus mencoba mendaki bukit harapan.. Bukit yang rasanya kita nggak pernah tau sampe mana itu ujung bukitnya, tapi yang pasti kita tau, ujung bukit itu cuma Satu, dan pada akhirnya kita bakal sampe di ujung itu. Entah kapan sampenya, entah dalam keadaan baik atau buruk (na’udzubillah)..
 
And I realized quickly when I knew I should
That the world was made up of this brotherhood of man
For whatever that means
Yah gue sadar, ada banyak hal2 yang gak bisa kita lakukan sendirian, butuh yang namanya temen, mengingatkan ketika kita salah, menghibur di kala duka, sekedar berbagi kebahagian kecil nan sederhana, atau bahkan jadi temen seperjuangan sepanjang masa hidup yang sebentar ini. Ada banyak banget arti yang ingin Disampaikan-Nya dalam jalinan silaturahim kita dengan sesama.. Rasanya terlalu indah banget buat diilustrasikan dengan kata2..
Tapi kadang suka lupa sama apa yang ingin Ditunjukkan-Nya ini..
 
And so I cry sometimes
When I’m lying in bed
Just to get it all out
What’s in my head
And I am feeling a little peculiar
Dan akhirnya ketika lupa.. kadang kita cuman bisa nangis sendirian diem2 di tempat tidur, balik badan dan menyembunyikan wajah di balik bantal guling (Pernah gak sih kayak gini? Hehe). Nangis sepuas puasnya cuma untuk menumpahkan penat seisi kepala dan akhirnya ngerasa aneh sendiri. Abis itu nyadar sendiri, padahal ada Tempat yang lebih nyaman untuk numpahin itu semua ‘sampah’ yang ada di kepala. Abis itu buru2 deh ambil wudhu. Aaah.. lagi melankolis ceritanya
 
And so I wake in the morning
And I step outside
And I take a deep breath and I get real high
And I scream at the top of my lungs
What’s going on?
Pas bangun tidur, dengan kepala ngeblank, ngelangkah keluar kamar, berusaha terus tetep ngejalanin rutinitas yang terkadang rasanya menyebalkan
Tapi yang namanya hidup itu, kita kan gak harus melulu ketemu atau ngehadapin apa yang kita suka terus2an. Pasti bakal ada hal2 yang kurang menyenangkan yang mau gak mau siap gak siap, emang harus kita hadapi. Akhirnya, cuma bisa tarik napas dalam2, ngerasa bebas dan tiba2 pengen teriak,, “woooii apa yang terjadi siiihh sama diri guee??”
(ya gak sih? pernah gak sih kayak gini? Apa gue aja? hahaha)
 
And I say, hey hey hey hey
I said hey, what’s going on?
ooh, ooh ooh
 
and I try, oh my god do I try
I try all the time, in this institution
Kalo udah kayak gini, kita mah cuma bisa coba dan terus coba lagi.. berusaha setiap waktu di mana pun kita berada.
Kalo nggak mau usaha, yaaaa ke laut aja deh lo, biar kebawa ombak hehe
 
And I pray, oh my god do I pray
I pray every single day
For a revolution
Trus kalo udah usaha, mau apa lagi coba selain berdoa? Allah itu seneng banget kalo ngeliat hamba-Nya rajin berusaha dan berdoa.
Berdoa setiap hari dan setiap waktu. Berdoa supaya Allah meridhoi hidup kita agar mengalami perubahan yang lebih baik tentunya.
 
And so I cry sometimes
When I’m lying in bed
Just to get it all out
What’s in my head
And I am feeling a little peculiar
And so I wake in the morning
And I step outside
And I take a deep breath and I get real high
And I scream at the top of my lungs
What’s going on?
And I say, hey hey hey hey
I said hey, what’s going on?
Twenty-five years and my life is still
Trying to get up that great big hill of hope
 For a destination
 
Yah yang namanya hidup itu emang ada kalanya kita ngerasa down. Bertanya tanya kenapa sih kayak gini? kenapa sih kayak gitu?
Tapi ya yang namanya perjalanan hidup, pasti ada saat jatuh. Dan kemudian harus ada bangunnya kembali.
Dan salah satu syarat untuk bangun kembali adalah tetep positive thinking alias husnudzon sama Allah. 
Bahwa apapun yang terjadi dalam hidup ini, semua pasti ada maknanya, semua pasti ada pelajarannya.
Tinggal kitanya bisa atau ngga melihat kode dari Allah itu.
 
Hampir seperempat abad ya? Udah ngapain aja ya? Aah rasanya masih banyak yang belum dicapai.
Kita nggak pernah tau bukan? Tinggal berapa jatah hidup kita di dunia. Rasanya baru kemarin meluk anak umur 4 tahun yang keburu Dipanggil sama Allah. Pengalaman itu makin buat gue ngerasa bahwa maut itu sangat dekat. Gak selalu nunggu tua untuk ketemu sama yang namanya kematian.
Jadi, yang bisa kita lakukan adalah berbuat kebaikan sebanyak mungkin, melakukan yang terbaik seoptimal mungkin.
Karna hidup ini layaknya waktu istirahat sang Pengembara, begitu singkatnya…
 
Huft.. kepanjangan nih merenungnya.
 
so, welcome back to ‘real life’, nita..
 
————-
 
Dear myself, ini sebuah tulisan pengingat diri lo yang gampang banget khilafnya hehe..
Facebook Comments