What is a P&I Club, what they do and why we need them in our lives – Apa itu P&I Club, apa yang mereka lakukan dan mengapa kita membutuhkannya

0
1295

What is a P&I Club, what they do and why we need them in our lives

 

Terjemahan bebas:

 

Apa itu P&I Club, apa yang mereka lakukan dan mengapa kita membutuhkannya dalam hidup kita

24 Agustus 2020
Hariesh Manaadiar

 

klub P&I
Lambung kapal adalah badan atau bagian utama kapal yang melindungi ruang muat, mesin, dan ruang akomodasi kapal dari cuaca, banjir, dan kerusakan struktural serta memberikan kekuatan, daya apung, dan kualitas hidrodinamika kapal.

Lambung yang sehat dan pengoperasian normal lambung kapal adalah kunci untuk transportasi dan pengiriman kargo yang aman dan oleh karena itu asuransi lambung merupakan faktor penting bagi pemilik kapal..

Pada abad ke-18, beberapa klub yang dikenal sebagai klub Hull didirikan oleh pemilik kapal dengan tujuan untuk memberikan perlindungan asuransi atas kerusakan fisik kapal-kapal anggotanya.

Dalam pengaturan ini, setiap pemilik kapal adalah anggota klub dan setiap anggota akan membayar bagian dari total risiko yang ditanggung untuk semua kapal yang dimiliki oleh semua anggota pemilik kapal.

Namun dalam “sistem timbal balik” ini, beberapa pemilik kapal mengambil keuntungan dari kenyataan bahwa risiko mereka ditanggung oleh banyak pemilik kapal lain dan mulai lalai dalam pengoperasian kapal dan kondisinya.

Pada masa itu, asuransi laut dapat disediakan oleh individu yang dikenal sebagai “penjamin emisi” (hanya berdasarkan fakta bahwa mereka menulis nama dan tanda tangan mereka di bawah kata-kata polis asuransi)..

Karena penjamin emisi ini terlihat lebih bertanggung jawab dan mampu memberikan syarat, ketentuan, tarif, administrasi klaim, fasilitas, dan organisasi asuransi yang lebih baik, pemilik kapal yang lebih bertanggung jawab mulai mengasuransikan kapal mereka dengan penjamin emisi ini yang berbasis di Lloyd’s Coffee House..

Klub Hull akhirnya kehilangan kepentingannya karena mereka akhirnya hanya mengasuransikan kapal yang tidak ingin diasuransikan oleh penjamin emisi Lloyd (selalu kapal milik pemilik kapal yang tidak bertanggung jawab).

Tanggung jawab atas kerusakan kapal lain karena tabrakan atau masalah lain tidak dapat dipulihkan berdasarkan polis asuransi laut yang berlaku saat itu..

Kasus de Vaux v Salvador pada tahun 1836 ternyata menjadi momen penting bagi perusahaan asuransi dan pemilik kapal, karena itu persyaratan polis asuransi laut diperpanjang untuk menutupi tanggung jawab pemilik kapal bersama dengan kehilangan atau kerusakan fisik.

Selanjutnya, sampai sekitar tahun 1870, pemilik kapal sebenarnya tidak memerlukan perlindungan asuransi untuk tanggung jawab kargo karena mereka sangat bergantung pada pengecualian dalam Bill of Lading dan klausul pengecualian dalam Kontrak Pengangkutan mereka untuk menghindari tanggung jawab atas klaim kargo.

Namun, tenggelamnya Westenhope mengubah semua ini karena dianggap kejadian ini di luar pengecualian yang membuat pemilik kapal bertanggung jawab dan aturan tidak mencakup klaim kargo..

Sementara itu, dengan pertumbuhan perdagangan dan peningkatan nilai kargo, ada juga peningkatan klaim dari pemilik kargo untuk memulihkan kerugian mereka dari pemilik kapal. Hal ini menyebabkan pemilik kapal untuk mencari obat dan klub ganti rugi pertama didirikan pada tahun 1874 hingga memberikan perlindungan asuransi untuk tanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan kargo yang awalnya disebut sebagai perlindungan ganti rugi..

Lembaga perlindungan yang menanggung risiko pemilik kapal mulai menambahkan perlindungan ganti rugi ini ke dalam penawaran mereka dan klub Perlindungan dan Ganti Rugi (P&I) lahir..

Apa yang dilakukan klub P&I..?

P&I Clubs memberikan perlindungan dan asuransi ganti rugi kepada pemilik kapal terhadap kewajiban dan biaya pihak ketiga. Ini termasuk:

kehilangan atau kekurangan kargo;
Pencemaran dari kapal dan/atau muatannya;
Kerusakan kargo, keterlambatan atau tanggung jawab lain yang terjadi sehubungan dengan pengangkutan kargo di kapal yang dimasukkan;
Hilangnya nyawa dan cedera pada awak kapal dan/atau penumpang;
Penghapusan reruntuhan;
Tabrakan dengan kapal lain;
Setiap pertanggungan asuransi Proteksi dan Ganti Rugi memiliki syarat dan ketentuan tersendiri untuk masing-masing penjamin emisi dan merupakan pertanggungan “risiko yang diperinci”. Ini berarti bahwa polis hanya mencakup risiko tertentu yang dirinci dalam aturan klub berdasarkan sifat risiko, sifat dan jumlah asuransi yang dipersyaratkan oleh tertanggung..

Peran dan cakupan klub P&I telah berubah secara drastis sejak abad ke-20 karena klub berada di bawah tekanan untuk menghadapi tantangan struktur pelayaran baru yang kompleks, evolusi ukuran kapal, dampak lingkungan yang menciptakan bencana maritim..

Selama 64 tahun terakhir, pengangkut juga harus menanggung dan menanggung kewajiban atas faktor risiko yang terkait dengan pergerakan lengkap pengiriman peti kemas, baik di laut maupun darat karena peti kemas.

Dampak bencana maritim terhadap lingkungan dan kehidupan manusia telah mengakibatkan pengenaan peraturan yang lebih ketat seperti IMO2020, SOLAS VGM dan juga mengakibatkan kewajiban pribadi bagi Kapten Kapal seperti dalam kasus APL Inggris dan Wakashio ..

Semua ini mengakibatkan pemilik kapal menuntut cakupan yang lebih besar dari P&I Clubs..

Klub P&I Grup Internasional

Meskipun aturan masing-masing klub P&I berbeda, cakupan cakupannya kurang lebih sama. Untuk memastikan kerjasama yang lebih baik dan berbagi beban klaim, Grup London yang awalnya merupakan pengelompokan klub P&I yang berbasis di Inggris diubah namanya menjadi International Group P&I Club (IG).. Ini membawa klub P&I dari Skandinavia, Jepang dan Amerika di bawah IG sejak tahun 1981..

Saat ini, IG terdiri dari 13 klub P&I yang di antara mereka memberikan perlindungan kewajiban laut (perlindungan dan ganti rugi) untuk sekitar 90% dari tonase pelayaran dunia..

Sesuai IG “Melalui struktur Grup yang unik, Klub anggota, sementara secara individu kompetitif, berbagi di antara mereka eksposur kerugian besar mereka, dan juga berbagi pengetahuan dan keahlian masing-masing tentang hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban pemilik kapal dan asuransi dan reasuransi kewajiban tersebut.

Setiap Group Club adalah asosiasi asuransi timbal balik yang independen dan nirlaba, memberikan perlindungan bagi pemilik kapal dan anggota penyewanya terhadap kewajiban pihak ketiga yang timbul dari penggunaan dan pengoperasian kapal.

Setiap Klub dimiliki oleh pemilik kapal dan anggota penyewa, serta operasi dan aktivitasnya

diawasi oleh dewan direksi, atau komite, yang dipilih dari keanggotaan.

IG Clubs menanggung berbagai tanggung jawab, termasuk hilangnya nyawa dan cedera pribadi pada awak, penumpang dan orang lain di dalam pesawat, kehilangan dan kerusakan kargo, polusi oleh minyak dan zat berbahaya lainnya, pemindahan bangkai kapal, tabrakan dan kerusakan properti.

Klub juga menyediakan berbagai layanan kepada anggotanya termasuk penanganan klaim, nasihat tentang masalah hukum dan pencegahan kerugian, dan mereka secara teratur memainkan peran utama dalam mengoordinasikan tanggapan, dan pengelolaan, korban laut.”

IG yang telah diberikan status pengamat di IMO, bertanggung jawab atas 3 fungsi inti

Pengoperasian pengaturan pembagian klaim (“pooling”) dan reasuransi kolektif dari pengaturan ini;
Beroperasi sebagai forum untuk mengumpulkan dan bertukar pandangan antara Klub dan anggota pemilik kapal mereka tentang hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban pemilik kapal, dan asuransi kewajiban tersebut; dan
Memberikan suara industri kolektif untuk tujuan terlibat dengan pemangku kepentingan eksternal termasuk organisasi maritim antar pemerintah, pemerintah nasional, otoritas kelautan di seluruh dunia dan industri perkapalan dan asuransi/reasuransi kelautan
Jadi kapan klub P&I terlibat?
Jika terjadi kecelakaan di atas kapal (baik di laut atau di dermaga) atau bahaya apa pun, masalah yang berkaitan dengan imigrasi dan masalah awak, penambatan ilegal, dll, diharapkan Nakhoda kapal akan memberi tahu klub P&I masing-masing di mana kapal tertutup..

Notifikasi ini akan menjadi pemicu bagi klub P&I yang memiliki kantor atau koresponden di sebagian besar pelabuhan di seluruh dunia untuk terlibat..

Kantor atau koresponden ini (banyak dari mereka firma hukum maritim) kemudian akan mulai menangani masalah ini dan dapat menunjuk surveyor dan ahli materi sesuai kebutuhan..

Klub P&I mungkin terlibat dalam banyak kasus seperti pemindahan bangkai kapal (seperti Costa Concordia) atau bencana kapal seperti MOL Comfort atau kandasnya kapal.. Biayanya, tentu saja, bervariasi berdasarkan sifat bencana..

Kerugian asuransi yang diperkirakan pada MOL Comfort, misalnya, adalah USD523 juta yang mana $440 juta untuk kerugian kargo dan sisanya $83 juta untuk lambung.

Pengardean, pembalikan, dan pemulihan Costa Concordia diharapkan menjadi salah satu klaim paling mahal dalam sejarah maritim dengan bobot hampir $2 miliar.

 

Facebook Comments