30 Kecelakaan dalam 2 Tahun, Pakta Komitmen Keselamatan Konstruksi Ditandatangani – Manajemen risiko konstruksi dan asuransi

0
1226

30 Kecelakaan dalam 2 Tahun, Pakta Komitmen Keselamatan Konstruksi Ditandatangani

Kompas.com – 12/04/2021, 11:00 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Sarana dan Pra-sarana Pelatihan Konstruksi Layang

Kementerian PUPR Siapkan Sarana dan Pra-sarana Pelatihan Konstruksi Layang(Kementerian PUPR )

 

Penulis Ardiansyah Fadli | Editor Hilda B Alexander

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Kecelakaan konstruksi pada proyek-proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia masih terhitung tinggi. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Sekretariat Komite Keselamatan Konstruksi, terdapat 30 kecelakaan konstruksi yang terjadi pada tahun 2018-2020.

Sekitar 80 persen dari proyek yang mengalami kecelakaan tersebut melibatkan Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Plt. Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto menegaskan, hal ini harus menjadi perhatian seluruh pihak yang terlibat.

Menurut Trisasongko, adalah tugas bersama melaksanakan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

“Namun lebih dari itu, melalui keseriusan semua pihak untuk menerapkan prinsip keselamatan, menjadi dukungan terhadap lancarnya pembangunan infrastruktur yang pada gilirannya dapat mempercepat pemulihan perekonomian Nasional,” tutur Trisasongko saat membuka secara resmi kegiatan Pencanangan Proyek Sarana dan Pra-sarana Pelatihan Konstruksi Layang, Senin (14/04/2021).

Dia mengingatkan, Pembangunan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) masih menjadi prioritas Pemerintah sebagaimana telah ditetapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut dilakukan untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi sekaligus meningkatkan daya saing bangsa.

Pada Tahun Anggaran (TA) 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan pagu sebesar Rp 149,8 triliun dan dana setelah refocusing menjadi Rp 131,82 triliun.

Anggaran ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur konektivitas jalan dan jembatan, sumber daya air, penyediaan perumahan, pengembangan kawasan pemukiman, pembinaan sumber daya konstruksi, dan layanan manajemen. Salah satu persiapan SDM yang penting untuk mendukung pembangunan infrastruktur adalah tenaga kerja konstruksi untuk pembangunan konstruksi layang.

Menurutnya, saat ini konstruksi layang menjadi salah satu pekerjaan yang sering dilakukan, khususnya di kota-kota besar di Indonesia.

“Penyiapan sarana dan pra-sarana ini diharapkan mampu menjadi jawaban dalam upaya meningkatkan kualitas SDM konstruksi,” kata Trisasongko.

Sarana dan pra-sarana ini akan digunakan untuk kegiatan pelatihan konstruksi layang yang akan dilaksanakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta.

Peserta yang berhasil lulus akan memiliki standar international dan dapat bekerja di kancah internasional.

Trisasongko menekankan, pembangunan infrastruktur yang berhasil dan berkualitas bukan hanya diukur oleh dimensi penyelesaian tepat biaya, mutu, dan waktu, tetapi juga ditentukan oleh kinerjanya yang mencakup keandalan (aspek struktur).

Selain itu juga diukur dari berfungsinya bangunan sesuai rencana, dan keselamatan dalam pelaksanaan, serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Untuk itu, dilakukan penandatanganan Pakta Komitmen Keselamatan Konstruksi Bidang Konstruksi Layang oleh para Direktur Utama Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) BUMN yang membawahi bidang Quality, Healty, Safety, and Environment (QHSE) yang tergabung dalam Forum QHSE BUMN.

Melalui komitmen dan sinergi yang baik antar-stakeholder konstruksi seperti BUMN Karya, penerapan aspek keselamatan konstruksi khususnya konstruksi layang dapat dilaksanakan.

“Sehingga diharapkan pembangunan infrastruktur yang aman dan zero accident dapat terwujud,” imbuh Trisasongko.

 

LPMA Trisakti – Analisis Polis Asuransi CEAR – Construction and Erection All Risks Policy | Kamis, 17 Maret 2022 | 08:30 – 11:30

WDA Online Training | Bedah Polis Asuransi CEAR(Construction and Erection All Risks) Insurance Munich RE 2015 | Rabu, 10 Februari 2021 | 09:00 s/d 12:00

Facebook Comments