Basuki Beberkan Biang Kerok Amblesnya Jembatan Ngaglik 1 Lamongan – Apakah solusi asuransinya?

0
1612

Basuki Beberkan Biang Kerok Amblesnya Jembatan Ngaglik 1

Kompas.com – 02/04/2022, 08:00 WIB

 

Proses pembongkaran Jembatan Ngaglik 1 yang ambles, dilakukan dengan alat berat pasca kejadian, Selasa (29/3/2022) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membeberkan penyebab Jembatan Ngaglik 1 di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur (Jatim), ambles.

“Selain umurnya, Jembatan Ngaglik 1 itu ambles karena (kendaraan) over load over dimension (ODOL),” ungkap Basuki di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

Proses perbaikan Jembatan Ngaglik I Lamongan yang ambles pada Selasa (29/3/2022).

Saat ini, Basuki meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR untuk menyampaikan keluhan kepada Korlantas Polri. Keluhan yang ingin disampaikan berupa penyebab Jembatan Ngaglik yang ambles bukan karena hal-hal biasa saja, tetapi karena dilintasi oleh ODOL.

Terkait amblesnya Jembatan Ngaglik 1, proses pembongkaran langsung dilakukan, Selasa (29/3/2022) malam. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, pasca-kejadian, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Ditjen Bina Marga Kementrian PUPR.

Jembatan Ngaglik 1 ini berada di jalan poros Nasional, dan ambles sekitar pukul 13.00 WIB. “Alhamdulillah, semalam sudah mulai dilakukan pengerjaan dan dilakukan pembongkaran,” ujar Yuhronur saat meninjau lokasi jembatan yang ambles, Rabu (30/3/2022).

Pasca-kejadian, petugas dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali memang langsung datang meninjau lokasi.

Setelah pengukuran dan pencatatan data yang diperlukan rampung, dua alat berat kemudian didatangkan ke lokasi untuk pembongkaran pada pukul 21.00 WIB.

Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita Pandjiriawan menambahkan, usai pembongkaran Jembatan Ngaglik 1 selesai dilakukan, akan dilanjutkan dengan proses pengerjaan perbaikan jembatan.

“Kami usahakan H-10 lebaran sudah selesai. Menggunakan girder jembatan yang sudah siap, meskipun nanti levelnya akan berbeda dengan yang sebelumnya,” terang Yudha. Dia berharap agar masyarakat bisa memaklumi hal ini karena merupakan kejadian yang tak dapat diprediksi.

Penulis : Suhaiela Bahfein
Editor : Hilda B Alexander

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=Q18tsurVUj8

 

Apakah solusi asuransinya?

IKONOA CII Ambassador ONLINE Learning Series 30 – Analisis Risiko Konstruksi & operasional Jalan & Jembatan & Solusi Distribusi Reasuransi – Rabu, 20 Juli 2022 – 14:00 – 16:00

WDA Online Training | Mengelola Akseptasi Risiko Konstruksi Jembatan, Analisis Klaim dan Reasuransinya Sejalan dengan Tujuan POJK no. 44/2020 terkait Pengelolaan Manajemen Risiko Perusahaan | Rabu, 24 November 2021 | 09:00 – 12:00

IKONOA CII Ambassador ONLINE Learning Series 15 – Analisis Risiko Konstruksi dan Operasional Jalan dan Jembatan dan Distribusi Reasuransi – Kamis, 25 November 2021

Facebook Comments