Kebakaran Pabrik Cat Kansai di Tangerang Dipadamkan Setelah 26 Jam Terbakar

0
1213

Kebakaran Pabrik Cat Kansai di Tangerang Dipadamkan Setelah 26 Jam Terbakar

Kompas.com – 18/06/2020, 10:04 WIB

Kebakaran Pabrik Cat di Kawasan Industri Jatiuwung Kota Tangerang, Rabu (17/6/2020) sore.

Kebakaran Pabrik Cat di Kawasan Industri Jatiuwung Kota Tangerang, Rabu (17/6/2020) sore.(Dok Humas PMI Kota Tangerang)

Penulis Jimmy Ramadhan Azhari |

Editor Sandro Gatra

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebakaran yang terjadi di Pabrik Cat Kansai di Tangerang berhasil dipadamkan setelah lebih dari 24 jam. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Deni Koswara mengatakan, api berhasil dipadamkan, Kamis (18/6/2020) subuh tadi. “Sudah padam, tadi sekitar pukul 03.00 WIB,” kata Deni melalui pesan singkatnya kepada Kompas.com, Kamis.

Deni memastikan, tidak ada korban dalam kebakaran yang terjadi di gudang bahan baku pabrik cat tersebut.

Pabrik Cat di Kota Tangerang Hangus Terbakar - Kabar Banten

Saat ini, petugas dari pemadam kebakaran masih mendingan sisa kebakaran untuk memastikan api tak kembali berkobar. “Satu regu UPT Periuk kami tinggalkan untuk melakukan pendinginan,” ucap Deni. Petugas sebelumnya mengerahkan 25 unit kendaran pemadam kebakaran dengan 300 personel. Selain ratusan personel dari Pemadam Kebakaran dan BPBD Kota Tangerang, pemadaman tersebut juga dibantu 28 personel dari BPBD Kabupaten Tangerang. Setidaknya, enam petugas pemadam kelelahan dalam proses pemadaman.

Menurut kesaksian petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Ade Kurniawan yang berada di lokasi, 6 petugas tersebut mengalami syok dan kelelahan.

 

Sumber media lain:

TANGERANG, (KB).- Sebuah pabrik cat PT Kansai Prakarsa Coatings yang berlokasi di Jalan Gajah Tunggal No 3, Jatake, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, hangus terbakar dilahap si jago merah, Rabu (17/06/2020).

Api yang berkobar selama sekitar 10 jam dari sejak kejadian pukul 01.00 WIB tersebut, akhirnya berhasil dipadamkan petugas damkar sekitar pukul 11.00 WIB.

“Saat ini masih dilakukan pendinginan,” ujar Kamaluddin Azizi, Kasubag TU UPT Damkar Periuk BPBD Kota Tangerang.
Ia mengatakan para petugas BPBD saat ini masih melakukan proses pendinginan. Adapun pemicu kebakaran diduga karena arus pendek.

“Informasi sementara disebabkan arus pendek,” ungkapnya.
Sementara Wakil Kapolres Metro Tangerang Kota, AKBP Yudhistira Midyahwan menyebut saat kebakaran berlangsung api yang berkobar bisa dilokalisir petugas. Sehingga, api tidak merembet ke pabrik lain maupun pemukiman warga.

“Api bisa dilokalisir, tidak merembet ke area lain,” katanya.

Menurut dia, saat ini petugas kepolisian masih menunggu proses pendinginan selesai untuk menyelidiki pemicu pasti peristiwa tersebut maupun jumlah kerugian hingga korban.

“Untuk korban belum ada laporan dan kerugian juga, karena masih pendinginan,” tuturnya.

Terpisah Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengatakan terdapat dua korban ringan dalam peristiwa kebakaran tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, tapi hanya korban ringan,” ujar Ade saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan, PMI turut bersiaga dalam membantu penanganan kebakaran di pabrik itu dengan menerjunkan sepuluh personel medis dan ambulans.

Menurut dia dua korban ringan tersebut merupakan petugas pemadam kebakaran. Kedua menjadi korban saat berjibaku memadamkan si jago merah.

“Ada dua petugas yang sesak nafas akibat asap dan kepercikan cairan cat,” ungkapnya.

Kedua petugas tersebut sudah ditangani petugas PMI. Satu korban itu sudah dibawa ke klinik untuk penanganan lebih lanjut.

 

“Kalau untuk korban yang berasal dari karyawan tidak ada,” tukas Ade. (DA)*

 

 

Pelatihan asuransi terkait:

 

Seminar WDA ONLINE – Chemical Manufacturers’ Risks and (Re)Insurance – Risiko Pabrik KIMIA dan Solusi (Re)Asuransinya Sejalan dengan Tujuan POJK no. 44/2020 terkait Pengelolaan Manajemen Risiko Perusahaan– Rabu, 15 Juni 2022 – 0900 s/d 1200

Chemical risks in petrochemical industry – Risiko kimia dalam industri petrokimia

 

Iran’s petrochemical plant in Qom province hit by explosion, fire – Pabrik petrokimia Iran di provinsi Qom dilanda ledakan, kebakaran

 

WDA Online Training | Mengelola Akseptasi Risiko Pabrik Kimia dan Solusi Asuransi dan Reasuransi-nya(Chemical Manufacturer’s Risk and Insurance) | Rabu, 27 Januari 2021 | 09:00 s/d 12:00

Facebook Comments