Friday, June 21, 2024
Google search engine
HomeAsuransiKronologi Kebakaran Sebuah Kamar di Lantai 11 Hotel Tentrem Semarang

Kronologi Kebakaran Sebuah Kamar di Lantai 11 Hotel Tentrem Semarang

Kronologi Kebakaran Sebuah Kamar di Lantai 11 Hotel Tentrem Semarang

 

Minggu, 19 Juni 2022 11:20 wib

Petugas inafis melakukan olah tempat kejadian perkara kebakaran di kamar Hotel Tentrem Semarang. (Istimewa)

 

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebuah kamar di lantai 11 Hotel Tentrem Semarang kebakaran Sabtu (18/6/2022) sekitar pukul 19.30. Api diduga berasal dari korsleting panel listrik di kamar nomor 1109.

 

Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Kapolsek Semarang Tengah Kompol Indra Romantika H mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui oleh karyawan Hotel Tentrem yang diteruskan di grup WhatsApp.

 

“Informasi kebakaran beredar di grup WhatsApp sekuriti. Kemudian sekuriti melakukan pengecekan dan benar terlihat asap di kamar tersebut, dari peristiwa tersebut maka sekuriti mengumpulkan karyawan lainnya untuk berusaha mengevakuasi tamu hotel lainnya,” katanya.

Di saat yang bersamaan, lanjut Kompol Indra, petugas Polsek Semarang tengah dan petugas Damkar juga mulai mendatangi tempat kejadian untuk melakukan penanganan.”

Kamar Hotel Tentrem Semarang Sempat Berasap Tebal, Manajemen Investigasi

Total ada tiga unit mobil damkar yang berusaha memadamkan api hingga akhirnya pukul 20.00 api berhasil dipadamkam, selanjutnya petugas piket mengamankan TKP serta berkoordinasi dengan Inafis Polrestabes Semarang,” pugnkasnya. (*/bas)

Copyright © RADARSEMARANG.ID

 

Hotel Tentrem Semarang Kebakaran, Ada Pesta Ultah di Lantai 5 - Solopos.com  | Panduan Informasi dan Inspirasi

 

 

Solopos.com, SEMARANG – Kebakaran melanda panel listrik di salah satu Hotel Tentrem yang berada di Jl. Gajahmada, Kelurahan Pekunden, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (18/6) sekira pukul 19.30 WIB.

Kebakaran terjadi di panel listrik yang berada di kamar nomor 1109 diduga disebabkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

Kebakaran di Hotel Tentrem tersebut membuat panik pengunjung lantaran ada pesta ulang tahun di lantai 5.

Komandan Tim 2 Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Kusdiyanto, mengatakan kebakaran yang melanda di hotel ternama di Kota Semarang itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

Saat itu, pihaknya mendapatkan laporan dari pihak hotel bahwa ada kepulan asap dari panel listrik di kamar lantai 11.

Kemudian, pihaknya menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan sebanyak 25 personel untuk memadamkan api.

“Sekitar pukul 19.30, salah satu manajer telepon Damkar Semarang bahwa di lantai 11 ada kepulan asap dari panel listrik yang berada di kamar hotel nomor 1109 yang diduga hubungan arus listrik pendek. Dan api padam sekitar kurang lebih pukul 20.20 WIB,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Sabtu malam.
Beruntung, insiden kebakaran yang terjadi di Hotel T tersebut tidak memakan korban.
“Korban sementara tidak ada, “ungkapnya.

Selain itu, Kusdiyanto menjelaskan saat pihaknya melakukan pemadaman api di hotel itu. Ia mengaku, armada Damkar di tinggal di depan halaman hotel karena lokasinya kejadian berada di lantai 11.
Lalu, para petugas menggunakan bantuan alat hydrant dan springkle.

“Armada tidak digunakan ditinggal di sini (halaman hotel), naik menggunakan hydrant milik pihak hotel. Di sana (kamar), alat springkle langsung hidup dalam satu ruangan basah semua. Soalnya alat itu ketika kena panas pecah lalu keluar air, “ jelasnya.

Sementara, salah satu pengunjung hotel bernama Subiyanto, 57, merasa panik ketika terjadi kebakaran di hotel.

Saat itu, dirinya sedang menghadiri acara ulang tahun yang berada di lantai 5. Tiba-tiba, ia mendapatkan telepon agar turun melalui pintu darurat.

“Jadi tadi kebetulan di lantai 5 itu ada acara ulang tahun. Kebetulan ada telepon, dari mana saya enggak tahu. Pokoknya suruh turun untuk evakuasi, karena ada kebakaran di lantai 11 lewat lift enggak bisa dan sementara harus lewat lantai darurat, “ ucapnya.

Ketika mendapatkan informasi itu, dirinya langsung panik dan langsung segera turun untuk menyelamatkan nyawa dinilai lebih penting.

“Pasti panik, ada informasi kebakaran, enggak ada yang santai. Tahu kebakaran pasti turun, menyelamatkan nyawa toh itu jauh lebih penting, “ ujarnya.
Subiyanto menambahkan, bahwa acara yang ada lantai lima itu tidak kepulan asap. Namun berdasarkan informasi yang diperolehnya, asap pekat berada di lantai 11.

“Lantai 5 enggak ada asap, yang pekat lantai 11. Enggak ada (alarm), pemberitahuan aja,“ pungkasnya.
Pantauan di lokasi, sekitar pukul 20.00 WIB terlihat para pengunjung hotel di evakuasi di depan halaman hotel. Tak selang lama, pihak Polsek dari Semarang Tengah dan tim Inafis Polrestabes Semarang datang ke lokasi kejadian.
Editor :
Penulis: Dickri Tifani BudiAbu Nadzib

Solopos.com – Panduan Insformasi & Inspirasi

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments