Friday, December 29, 2023
Google search engine
HomeAsuransiApa Pengertian Credit Default Swap?

Apa Pengertian Credit Default Swap?

Apa Pengertian Credit Default Swap?

CDS adalah derivatif keuangan yang memungkinkan investor untuk menukar atau mengimbangi risiko kredit mereka dengan investor lain. 

Untuk mengantisipasi risiko gagal bayar, pemberi pinjaman akan membeli CDS dari investor lain yang setuju untuk mengganti pemberi pinjaman jika peminjam tertanggung mengalami gagal bayar. 

Sebagian besar kontrak CDS dipertahankan melalui pembayaran premi berkelanjutan serupa dengan premi reguler yang jatuh tempo pada polis asuransi. 

Pemberi pinjaman yang khawatir dengan kondisi peminjam tertanggung yang gagal membayar pinjaman akan sering menggunakan CDS untuk mengimbangi atau mengurangi risiko gagal bayar.

 

Bagaimana Kerja Credit Default Swap (CDS)?

” alt=”” />Cara kerja Credit Default Swap

Apa itu CDS? Credit default swap adalah kontrak derivatif yang mengalihkan eksposur kredit dari produk pendapatan tetap yang biasanya melibatkan obligasi atau sekuritas terkait lainnya.

Kondisi CDS bisa terjadi jika sebuah perusahaan menjual obligasi dengan nilai nominal $100 dan memberikan jatuh tempo 10 tahun kepada pembeli. Kemudian perusahaan setuju untuk membayar kembali $100 tersebut kepada pembeli pada akhir periode 10 tahun dengan pembayaran bunga reguler selama jangka waktu tersebut.

Dalam CDS setidaknya ada tiga pihak yang terlibat:

  • Pihak pertama adalah lembaga yang mengeluarkan utang. Pihak ini juga dikenal sebagai peminjam.
  • Pihak kedua adalah penerima hutang, yang juga akan menjadi pembeli CDS jika para pihak memutuskan untuk melakukan kontrak.
  • Pihak ketiga adalah penjual CDS yang biasanya merupakan bank besar atau perusahaan asuransi yang bisa menjamin utang pokok antara penerbit dan penerima hutang.

Sekuritas utang seringkali memiliki jangka waktu jatuh tempo yang lebih lama. Hal ini mempersulit investor untuk memperkirakan risiko investasinya. Itulah mengapa kontrak CDS merupakan cara yang sangat populer untuk mengelola risiko. 

 

Cara kerja Credit Default Swap

Apa Saja Contoh Credit Default Swap?

” alt=”” />Contoh CDS

Berikut adalah contoh hipotetis untuk menunjukkan cara kerja credit default swaps. Mari kita asumsikan ada CDS yang menghasilkan $10.000 pembayaran triwulanan untuk memastikan obligasi $10 juta. 

Perusahaan yang awalnya menjual CDS percaya bahwa kualitas kredit peminjam telah meningkat sehingga pembayaran CDS tinggi. Perusahaan dapat menjual hak atas pembayaran tersebut dan kewajiban kepada pembeli lain dan berpotensi menghasilkan keuntungan.

Sebagai alternatif, bayangkan seorang investor yang percaya bahwa Perusahaan A kemungkinan besar akan gagal bayar obligasinya. Investor dapat membeli CDS dari bank yang akan membayar nilai hutang tersebut jika Perusahaan A gagal bayar. 

CDS dapat dibeli meskipun pembeli tidak memiliki utang itu sendiri. Ini sedikit seperti tetangga yang membeli CDS di rumah lain di lingkungannya karena dia tahu bahwa pemiliknya tidak bekerja dan mungkin gagal membayar hipotek.

Jika Pemberi Pinjaman A memajukan pinjaman kepada Peminjam B dengan peringkat kredit menengah, Pemberi Pinjaman A dapat meningkatkan kualitas pinjaman dengan membeli CDS dari penjual dengan peringkat kredit dan dukungan keuangan yang lebih baik daripada Peminjam B. Dalam hal ini, Peminjam risiko tidak hilang, tetapi dikurangi melalui CDS.

Gimana, tidak terlalu rumit kan mengupas tuntas tentang apa itu Credit Default Swap? Masih banyak lagi jenis swap lainnya yang bisa kamu manfaatkan untk meningkatkan potensi keuntungan tradingmu. 

Pelajari pula cara menghitung swap yang tepat agar tradingmu bisa lebih optimal dengan kehadiran swap. Jangan sampai kehadirannya justru malah merugikan ya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments