Hari Pahlawan Merupakan Bentuk Komitmen Rela Berkorban Bagi Negara

0
616
Bung Tomo - wikipedia

Peringatan Hari Pahlawan Sebagai Bentuk Komitmen Semangat Rela Berkorban Bagi NKRI

Jakarta – Segenap pegawai Kementerian Pertahanan dipimpin Kepala Badan Sarana Pertahanan Laksda TNI Leonardi, Kamis(10/11), melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan Tahun 2016 di lapangan apel Setjen Kemhan, Jakarta. Dalam amanat Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang dibacakan oleh Kabaranahan Kemhan sebagai inspektur upacara dikatakan bahwa upacara bendera peringatan hari pahlawan yang dilaksanakan merupakan bentuk sikap komitmen kita semua pada semangat pantang menyerah dan semangat rela berkorban bagi NKRI.

Menhan dalam amanatnya mengatakan, sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnyalah kita mengamalkan makna yang terkandung dalam peringatan Hari Pahlawan, sehingga ke depan kita mampu melanjutkan cita-cita untuk membangun kejayaan bangsa dan negara.

Dalam konteks ini, Menhan mengharapkan seluruh warga negara memiliki semangat pengabdian dan rela berkorban terutama segenap personel Kemhan sebagai bagian dari komponen bangsa mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Pembangunan diberbagai bidang merupakan tanggung jawab seluruh anak bangsa. Oleh karena itu, di dalam setiap aspek kehidupan kita, kita harus berbuat yang terbaik sesuai dengan profesi masing-masing. Semangat kepahlawanan harus dijadikan inspirasi dan diimplementasikan dalam kehidupan.

Kementerian Pertahanan sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pertahanan negara harus terus menyesuaikan kebijakan pertahanan dan analisisnya mengikuti perkembangan lingkungan strategis. Hal ini untuk menjawab tantangan yang dihadapi bangsa yang bersifat multidimensi dan sangat dinamis. (DAS/JLY)

kemhan.go.id

Pedoman Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-71 Tanggal 10 November 2016

Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera, Peringatan Hari Pahlawan ke-71 Tanggal 10 November 2016_Untuk memperingati Hari Pahlawan (Harwan) tahun 2016, Kementerian Sosial telah menerbitkan pedoman pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan ke-71 Tahun 2016. Pada pedoman tersebut termuat juga juknis Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2016 sebagai berikut.

Pedoman Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-71 Tanggal 10 November 2016

1. TEMA :
SATUKAN LANGKAH UNTUK NEGERI

2. SIFAT UPACARA :
Khidmat, Tertib dan Sederhana.

3. TANGGAL UPACARA :
Hari Kamis, 10 November 2016

4. WAKTU DAN TEMPAT UPACARA :
Pukul 08.00 waktu setempat di lapangan terbuka.

5. URUTAN UPACARA BENDERA:
a. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.
b. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

websitependidikan.com

sejarah perang 10 November 1945 di Surabaya baca di sini:

(HARI PAHLAWAN) SEJARAH PERANG HEROIK SURABAYA 10 NOVEMBER 1945

 

 

Facebook Comments