Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi Geser & Retak

0
962
illustrasi gambar pergeseran girder jembatan terhadap pilar jembatan

Jembatan Cisomang tol Purbaleunyi geser & retak, truk dilarang lewat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima laporan dari PT Jasamarga perihal adanya pergeseran (deformasi) pada pilar kedua (P2) Jembatan Cisomang, pada Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) tepatnya di KM 100+700. Pergeseran pilar tersebut terjadi karena beban telah melebihi toleransi yang disyaratkan.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi mengungkapkan, terjadi pergeseran pada sambungan jembatan sepanjang 53 centimeter (cm). Untuk itu, pihaknya telah meminta kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan PT Jasa Marga (Persero) untuk segera menerapkan pembatasan lalu lintas. Nantinya, hanya mobil golongan I saja yang diizinkan untuk melintasi jembatan Cisomang.

“Pada hari Kamis, 22 Desember 2016 diperoleh hasil bahwa telah terjadi pergeseran pada pilar kedua sepanjang 53 cm yang sudah melebihi batas izin yang disyaratkan. Kita perlu batasi beban yang lewati jalan tersebut. Yang boleh hanya mobil golongan 1,” ujarnya di Jakarta, Jumat (23/12).

Jembatan Cisomang Tol Purbalenyi
Jembatan Cisomang Tol Purbalenyi

Dia mengatakan pemerintah akan melakukan penanganan pada kasus ini dalam tiga bulan mendatang. “Mulai tadi malam jam 00.00 hanya kendaraan gol 1 yang boleh. Kita batasi. Waktu penanganan ini 3 bulan. Kita akan evaluasi terus. Kita akan pelajari penyebab pergerakan tersebut,” sambungnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta kepada Jasamarga dan BPJT untuk langsung melakukan pengecekan secara intens pasca kejadian tersebut. Hal ini dilakukan guna menganstisipasi adanya hal-hal lanjutan yang tidak diinginkan dari pergeseran Jembatan di Cisomang.

“Harus dilakukan monitoring intensif dan penanganan untuk tingkatkan kembali keamanan jembatan tersebut. Ini sudah dilakukan oleh BPJT dan ditindaklanjuti Jasa Marga sebagai operator,” pungkasnya. sumber: merdeka.com

Berita terkait jembatan Cisomang retak:

Jembatan Retak, Kendaraan Lewat Tol Cipularang Dialihkan

Menteri Basuki sebut Jembatan Cisomang tol Purbaleunyi aman dilewati

editor; lea

 

Facebook Comments