Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H – Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

0
2441

Idul Fitri merupakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa..

Jajaran direksi beserta seluruh karyawan CEPAgram.com mengucapkan: “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, “Taqabbalallahu minna wa minkum”

ucapan-idul-blog

Dan apabila anda mendapatkan ucapan: “Selamat Idul Fitri 1438 H, Taqabbalallahu minna wa minkum”. Yang artinya, semoga Allah menerima amal dari kami dan amal dari kalian. Maka jawablah dengan doa yang sama, yaitu: “Taqabbalallahu minna wa minkum”.

Sebagaimana riwayat yang menceritakan jawaban sahabat dan salafush shalih saat mendapatkan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum.

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a)

Demikianlah jawaban sahabat dan salafus shalih, ketika mendapatkan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum. Jawaban ini seperti perintah Allah dalam Al Qur’an,

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal.” (QS. An Nisa’ : 86)

eqbal-idul-fitri

____________________

إِنَّ اللهَ يَقُولُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أَيْنَ الْمُتَحَابُّونَ بِجَلاَلِي الْيَوْمَ أُظِلُّهُمْ فِي ظِلِّي يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلِّي ؟.

Sesungguhnya Allah berfirman pada hari kiamat: Dimanakah orang-orang yang saling mencintai karena Aku. Hari ini Aku menaungi mereka dalam naungan-Ku yang tidak ada lagi naungan kecuali naungan-Ku?. (HR Muslim, no: 4655)

cepagram.com – muslimah.com – spirit.id

Facebook Comments