6 Cara Ampuh Bekerja dengan Teman Kerja yang Menyebalkan

0
34

Setiap hari kita harus menghadapi berbagai sifat dan sikap berbagai macam orang. Tentu saja ada yang baik dan pasti ada yang menyebalkan. Nah bakal jadi gawat kalau ternyata kamu punya teman kerja yang menyebalkan. Bayangkan saja kamu harus menghabiskan setengah waktumu untuk menghadapi orang seperti itu.

Tapi ini bukan alasan yang bisa membuatmu menjadi malas bekerja atau malah berperfoma jelek. Kamu tetap harus berusaha profesional menghadapi teman kerja seperti ini. Menurut Robert Sutton, Profesor di bidang manajemen Standford University kamu bisa menggunakan 5 cara ampuh bekerja dengan teman kerja yang menyebalkan berikut ini. Yuk coba!

1. Selalu ingat kalau ada kebaikan yang bisa kamu ambil

selalu-ada-kebaikan

Hidup memang kadang tidak sesuai dengan keinginanmu tapi bukan berarti harimu akan hancur berantakan. Daripada terus ngedumel dengan tingkah teman kerjamu yang menyebalkan lebih baik kamu melihat dari sisi baiknya saja. Ingatlah kalau kamu bisa melalui hari menyebalkan dengan cara yang lebih baik.

Kalau terlalu susah cobalah membayangkan kamu akan memikirkan situasi saat itu seminggu atau bahkan 5 tahun lagi dan akan menjadi kejadian yang lucu atau bahkan kamu syukuri. Kalau teman kerjamu benar-benar menyebalkan cobalah mencari sisi humor dan mulai menertawakannya. Biasanya suasana akan lebih cair dengan cara yang satu ini.

2. Cobalah untuk tidak terlalu dekat dengan teman kerjamu yang menyebalkan

pindah-meja-kerja

Bukan hanya perkataan saja kadang kala tingkah laku atau gerak gerik orang yang menyebalkan bisa sangat menganggu. Kalau kamu sudah merasa sangat terganggu cobalah untuk tidak terlalu dekat secara fisik olehnya. Lebih baik menghindar, kalau perlu mintalah bertukar posisi meja kerja. Cara ini mungkin bisa jadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan produktivitasmu.

3. Kalau kamu punya wewenang lebih cobalah untuk bertindak

cobalah-bertindak

Mungkin bukan hanya kamu saja yang merasakan kalau salah satu rekan kerjamu itu sangat menyebalkan. Orang lain juga sebenarnya merasakan hal yang sama. Nah, kalau ternyata sudah banyak orang yang merasakan ambilah tindakan. Apalagi kalau kamu diposisi yang memiliki wewenangan lebih. Coba untuk langsung menegurnya ya tapi tetap harus profesional.

4. Kumpulkan bukti kalau dia banyak melakukan kesalahan

kumpulkan-bukti

Orang-orang seperti ini biasanya tidak merasa kalau dirinya melakukan kesalahan atau menyebalkan. Kamu mungkin bisa nih mulai mengumpulkan beberapa kesalahan yang dia lakukan. Alasannya mungkin saja di kemudian hari kamu membutuhkannya apalagi kalau permasalahan yang satu ini sudah sampai ke bagian HRD. Bukti-bukti seperti ini bisa sangat menganggu.

5. Berbicara langsung pada rekan kerjamu yang menyebalkan

bebricara-langsung

Biasanya ada dua tipe orang yang menyebalkan, pertama dia memang sadar melakukan hal-hal menyebalkan dan kedua adalah jenis orang yang tidak sadar sama sekali. Tentu saja kedua jenis orang ini perlu tindakan yang berbeda, kalau kamu menemukan jenis orang yang pertama kamu bisa langsung berbicara dengannya.

Misalnya dengan mempertanyakan tindakannya yang membuatmu tidak nyaman. Untuk jenis orang kedua mungkin kamu bisa mengumpulkan bukti terlebih dahulu. Misalnya dia memiliki kebiasaan menyelak atau nimbrung pada percakapan orang. Coba lah untuk menghitung berapa kali dia melakukan hal ini. Setelah itu beritahu kalau dia sering melakukan hal ini, biasanya orang-orang jenis ini akan mengubah kebiasannya.

6. Carilah dukungan dari teman kantor lain

cari-dukungan-teman-kantor

Sudah merasa sangat terganggu? Coba deh tanya pendapat teman lain, jika mereka mempunyai pendapat yang sama nggak ada salahnya kamu mencari dukungan. Cara yang satu ini biasanya ampuh untuk membuat orang yang bertindak menyebalkan berhenti melakukan kebiasannya. Kamu bisa mencoba cara ini jika atasanmu tidak melakukan tindakan apapun.

Cobalah cara ampuh bekerja dengan teman kerja yang menyebalkan ini. Tapi tetap diingat ya walaupun situasi ini akan sangat menyebalkan kamu tetap harus bertindak profesional. Jangan sampai malah kamu yang dirugikan karena hal seperti ini ya ShopBackers!

Sumber : Shopback Indonesia

Facebook Comments