Aneka Tambang – BUY (Maintain)

0
890
Tambang Selatan Garut - inilahkoran.com

Price: Rp 900- Target Price: Rp1,250

The Golden Year!

Kami mulai optimis melihat kinerja yang membaik untuk ANTM, seiring kebijakan pemerintah membukakembali relaksasi ekspor bijih nikel mulai Jan’17. Kami melihat ANTM akan mulai mengalami perbaikan kinerjadi tahun 2017, hal ini ditopang dengan penguatan harga komoditas nikel, kenaikan volume penjualan bijihnikel, dan positifnya outlook emas, kami merekomendasi Buy dengan TP di Rp 1,250.

Kepastian relaksasi ekspor. Pemerintah membuka kembali pengepalan bijih nikel dan bauksit pada 12 Jan’17 selamalima tahun. Ekspor bijih nikel yang boleh diekspor dengan syarat berkadar kurang dari 1.7%, serta pemegang IUPproduksi nikel wajib memanfaatkan nikel kadar rendah tersebut minimal 30% dari total kapasitas input smelter yangdimiliki. ANTM merupakan salah satu perusahaan yang memiliki dampak positif mengenai pelonggaran ekspor bijih nikel.Kondisi tersebut membuat kinerja ANTM kami estimasikan mengalami pemulihan pendapatan dari bijih nikel yang telahhilang hampir 30% sejak 2014. Serta jika kebijakan tersebut terlaksana, kelebihan pasokan bijih nikel di dalam negerijuga akan berkurang.

Semakin optimis dengan penambahan perluasan pabrik. ANTM optimis mampu meningkatkan volume produksinikel seiring dengan tuntasnya proyek perluasan Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH). ANTMmenargetkan volume penjualan feronikel sebesar 24.100 Tni naik 30% yoy. Disisi lain, beroperasinya pabrik FeniHalmahera yang secara langsung akan menambah kapasitas untuk ferronickel sekitar 13.000 ton.

Earnings akan mulai membaik pada 2017. Kinerja positif ANTM kami perkirakan akan membaik di tahun 2017. Hal inididukung oleh kontribusi CGA Tayan yang lebih besar, peningkatan volume produksi ferronickel serta penjualan bijihnikelUntuk FY’18, kami percaya kinerja ANTM akan kembali bertumbuh ditopang oleh kenaikan harga nikel (menjadiUS$15,000 per ton). Disisi lain, kami melihat positif outlook untuk emas sejalan dengan meningkatnya resiko geopolitik,depresiasi sejumlah mata uang, dan kenaikan ekspektasi inflasi global. Kami asumsikan harga emas untuk FY’17 di level 1,520 USD/oz +21% yoy.

Rekomendasi Buy. Dengan adanya  penguatan harga komoditas nikel, peningkatan volume penjulan ferronickel danbijih nikel, serta membaiknya outlook emas kami merekomendasi  Buy dengan TP  Rp.1,250. Adapun resiko investasiterletak pada 1.) Ketidakstabilan harga nikel 2.) perubahan Keputusan Kementrian ESDM mengenai relaksasi ekspor.

samuel sekuritas

Facebook Comments