Hari Pertama Sekolah, Ajarkan Kemandirian Anak dengan 5 Cara Ini

0
116

Hari pertama sekolah 2019, orang tua sibuk mengurus segala perlengkapan sang anak. Tidak hanya dari seragam dan buku, tapi juga kesiapan mentalnya.

Secara serentak, anak sekolah di seluruh Indonesia memasuki tahun ajaran baru hari ini (15/07). Bagi orang tua yang memiliki anak usia 5 tahun atau lebih tentu perlu memikirkan bagaimana mempersiapkan anak menyambut hari pertama sekolah TK dan hari pertama sekolah SD.

Hari pertama sekolah Paud juga memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui para orang tua supaya anak belajar lebih mandiri saat memasuki hari pertama sekolah. Berikut hal yang perlu diperhatikan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri dan Keberanian Anak

Hari Pertama Sekolah, Ajarkan Kemandirian Anak dengan 5 Cara IniHari pertama sekolah anak, boleh didampingi. Foto: iStock

Hari pertama sekolah Paud, TK dan SD menjadi tantangan tersendiri baru anak-anak dan orang tua. Di hari pertama sekolah, ia akan bertemu dengan banyak teman-teman baru.

Supaya sosialisasinya lebih baik, orang tua perlu meningkatkan kepercayaan diri anak dengan membiasakan mereka bertemu orang banyak tanpa tergantung dengan orang tuanya.

Ketika rasa percaya diri terbentuk, ini akan berpengaruh pada sikap sosialiasasi anak. Dan pada akhirnya keberaniannya pun meningkat.

Salah satu cara latihan bersosialisasi anak yang mudah adalah ketika sedang berada di pusat perbelanjaan, Anda bisa menyuruh anak bertanya pada karyawan mengenai letak produk yang hendak dibeli.

2. Yakinkan Bahwa Sekolah Tempat yang Menyenangkan

Hari Pertama Sekolah, Ajarkan Kemandirian Anak dengan 5 Cara IniSelalu yakinkan anak di hari pertama sekolah, kalau sekolah tempat yang menyenangkan. Foto: iStock

Di hari pertama masuk sekolah mungkin anak-anak masih belajar untuk bersosialisasi. Di hari kedua, bisa saja anak-anak masih merasa takut untuk masuk sekolah. Tugas Anda adalah dengan meyakinkan kalau sekolah adalah tempat yang menyenangkan.

Cobalah ceritakan hal seru terkait kegiatan di sekolah. Bisa juga menceritakan karakter-karakter teman yang menyenangkan.

3. Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah

Beri pelukan di hari pertama sekolah anak.Beri pelukan di hari pertama sekolah anak. Foto: iStock

Hari pertama sekolah, orang tua dapat meluangkan waktu untuk mengantar anak ke sekolah. Mengantar anak di hari pertama sekolah merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri sang anak.

Beri pelukan dan ciuman untuk anak agar ia merasa nyaman. Antarkan sampai ke ruang kelasnya dan tunggu sampai ia mendapat tempat duduk.

4. Minta Ceritakan Kembali Pengalamannya Hari Pertama Sekolah

Hari Pertama Sekolah, Ajarkan Kemandirian Anak dengan 5 Cara IniBercerita soal hari pertama sekolah. Foto: thinkstock

Bisa jadi hari pertama sekolahnya, mirip seperti pengalaman mereka bermain hari pertama sekolah minecraft. Namun, cara terbaik menjadikan ia merasa lebih nyaman adalah dengan saling bercerita pengalaman hari itu.

Ajak anak bercerita bagaimana hari pertama sekolahnya, siapa saja nama teman-temannya sampai perasaan ia hari ini seperti apa.

5. Ajukan Pertanyaan Penting Untuk Sekolah

Selain melatih kemandirian anak di hari pertama sekolah. Orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan ini untuk sekolah. Apa saja pertanyaan penting yang harus ditanya?

1. Adakah nomor telepon wali kelas atau sekolah yang bisa dihubungi?
2. Adakah informasi mengenai program sekolah?
3. Apa saja kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diikuti anak?
4. Bagaimana pihak sekolah menangani masalah kesiswaan?

Facebook Comments