Dollar Index stabil rupiah diperkirakan menguat; Pertumbuhan investasi tak sesuai harapan pengusaha

0
89
Stone Crusher Plant - youtube

Berita Global

·      Inflasi AS tercatat lebih rendah dibandingkan ekspektasi di bulan Juni. Tercatat PCE indeks yang digunakan sebagai acuan inflasi The Fed mengalami penurunan menjadi hanya 1,4% (yoy) dibandingkan konsensus 1,7% (yoy) dan bulan sebelumnya 1,5% (yoy). (Bloomberg)

·      Data pengeluaran masyarakat di AS mengalami penurunan. Pending home sales di AS tumbuh hanya 0,3% di bulan Juni lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya 0,5%. (Kontan)

Berita Domestik

·         Core: Defisit anggaran Indonesia berpotensi melebar hingga Rp 300 triliun. Angka tersebut diasumsikan dari realisasi belanja berada di kisaran Rp 2.300 – Rp 2.800 triliun. Angka pertumbuhannya pun lebih tinggi dibanding prediksi defisit terhadap PDB dalam APBN 2019 yang sebesar 1,8%  (Kontan)

·         Pertumbuhan investasi semester I 2019 tak sesuai harapan pengusaha. Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) menargetkan investasi dapat meningkat sebesar Rp 792 triliun sampai akhir 2019, atau tumbuh sekitar 9% dari tahun 2018. (Kontan)

·         Kepala BKPM Thomas Trikasi Lembong mengatakan tren investasi di tahun ini akan tumbuh. Dia melihat sejak akhir kuartal IV-2018 hingga kuartal II-2019 geliat investor berlanjut positif.

·         Kekurangan penerimaan pajak hingga akhir tahun bisa mencapai Rp 165 triliun. Penerimaan perpajakan hingga akhir tahun akan berada di kisaran Rp 1.620 – Rp 1.634 triliun rupiah atau sekitar 92% dari target APBN yang mencapai Rp 1.786 triliun  (Kontan)

Dollar Index stabil rupiah diperkirakan bergerak menguatDollar indeks diperkirakan stabil di level 98.0-98,05 terhadap hampir semua mata uang utama lain. Para pelaku pasar menanti keputusan The Fed malam ini terkait kemungkinan penurunan suku bunga yang diekspektasikan oleh para pelaku pasar. Para pelaku pasar juga akan melihat bagaimana arah kebijakan The Fed selanjutnya tahun ini dari hasil FOMC malam nanti. Rupiah diperkirakan menguat akibat stabilnya indeks dollar tersebut. Rupiah kemungkinan menguat ke level Rp14.000/USD-Rp 14.020/USD.

Facebook Comments