Berita Ekonomi Pagi

0
209

Berita Global

·      Trump: Akan ada kesepakatan perdagangan dengan China. Presiden Amerika Serikat Donald Trump meramalkan kesepakatan perdagangan dengan China menemui titik cerah setelah ada gerakan positif oleh China. Pernyataan ini menenangkan pasar global yang goyah akibat perang tarif kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu. (Kontan)

·      Bank sentral China desak bank gunakan suku bunga acuan sesegera mungkin. People’s Bank of China (POBC mendesak perbankan untuk menggunakan suku bunga acuan, Loan Prime Rate (LPR), sesegera mungkin dalam menyalurkan pinjaman. (Kontan)

Berita Domestik

·         Sektor riil tertekan, defisit anggaran melebar menjadi 1,14% dari PDB pada Juli 2019. realisasi defisit APBN hingga Juli 2019 mencapai Rp 183,7 triliun, lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 151 triliun. Secara persentase, defisit anggaran sampai dengan Juli mencapai 1,14% terhadap produk domestik bruto (PDB). Rasio defisit anggaran ini juga lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 1,02% dari PDB. (Kontan)

·         Penerimaan pajak bukan lesu, hanya targetnya yang tidak masuk akal. Pemerintah mencatat penerimaan dari pajak hanya tumbuh 2,68% menjadi Rp 705,59 triliun hingga akhir Juli 2019. Realisasi penerimaan pajak ini baru memenuhi 44,73% dari target APBN 2019 yang sebesar Rp 1.577,6 triliun hingga akhir tahun. (Kontan)

·         Selama semester I 2019, realisasi belanja negara tumbuh 7,9%. Realisasi belanja negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 masih tumbuh hingga akhir Juli 2019. Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Senin (26/8), melaporkan, belanja negara mencapai Rp 1.236,5 triliun atau setara 50,2% dari pagu APBN 2019 yakni sebesar Rp 2.461,11 triliun. (Kontan)

Dollar Index menguat rupiah diperkirakan bergerak melemahDollar indeks diperkirakan bergerak menguat ke level 98.0-98.10 terhadap mata uang kuat utama lainya. Penguatan dollar ditopang oleh keyakinan investor akan prospek hubungan dagang yang lebih baik antara AS-China setelah Trump berujar semalam bahwa China dan AS akan kembali ke meja perundingan untuk membahas masalah perang dagang antar kedua negara. Investor kembali ke pasar saham AS akibat pernyataan positif Trump tersebut. Rupiah kemungkinan melemah didorong penguatan dollar tersebut. Pelemahan rupiah diperkirakan terbatas jelang lelang SUN hari ini. Rupiah kemungkinan melemah ke level Rp14.270/USD-Rp 14.300/USD.

Baca juga ini:

KABAR PASAR: Pebisnis Antusias ke Kaltim, Investor Sel Baterai Siap Masuk

Ibu Kota Pindah, Ini Komentar Fahri Hamzah

Trump Bantah Ingin Tembak Badai dengan Bom Nuklir

 

cepagram.com – the only one in the world of CEPA

Facebook Comments