Bunga Anggrek Untuk Interior Apartemen

0
175

Bunga Anggrek Untuk Interior Apartemen

Tanaman bunga telah lama menjadi favorit untuk menghidupkan suasana di dalam hunian dengan cepat dan mudah. Ragam bentuk dengan warna bisa menciptakan nuansa maupun menjadi fokal poin pada ruangan. Di saat yang sama, tanaman ini juga berfungsi sebagai dekorasi tambahan.

Jenis tanaman bunga yang dapat Anda pilih tentu sesuai selera, begitu pula dengan teknik penerapannya untuk digunakan dalam dekorasi. Salah satunya adalah tanaman bunga anggrek yang merupakan hidden treasure yang dimiliki Indonesia. Betapa tidak? Bunga nasional Indonesia ini memiliki puluhan jenis varietas yang masing-masing memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Tak heran apabila Indonesia dikenal dengan the home of orchid megadiversity karena sekitar seperenam jenis anggrek yang tumbuh di dunia dapat ditemui di Indonesia.

anggrek-interior-apartemen-2

Lebih dari hal tersebut, tanaman anggrek ternyata mempunyai salah satu manfaat lain yakni mampu menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari.

Kami sajikan beberapa ide untuk menempatkan anggrek dalam interior apartemen Anda. Pilih warna dan corak senada dengan dinding atau furniture. Bagi yang menyukai gaya desain minimalis, tempatkan pot berisi 1 tanaman dengan warna yang subtle. Bila Anda lebih suka interior yang hangat dan homie, bisa memilih pot berisi 3 atau 5 tanaman. Penempatan dalam ruangan ber AC lebih dianjurkan.

anggrek-ekakarya

Dari sisi fengshui anggrek merupakan sebuah kesetaraan antara air dan udara yang memberikan nuansa sejuk. Baik secara langsung atau tidak, energi tersebut akan mengalir kepada orang yang memelihara bunga anggrek tersebut. Pemilik rumah dapat menggunakan tanaman anggrek sebagai simbol untuk penyesuaian dalam hubungan. Menempatkan tanaman ini di kamar tidur dipercaya dapat membantu Anda untuk menarik pasangan yang terhormat dan jujur.

Cara perawatannya pun cukup mudah. Penyiraman dilakukan 2 kali dalam seminggu. Jumlah air yang digunakan tergantung kepada jumlah tanaman yang berada di dalam pot. Untuk pot berisi 1 tanaman memerlukan 1 gelas air. Untuk pot berisi 2 tanaman memerlukan 2 gelas air, dan seterusnya. Cara yang lebih praktis adalah menggunakan biogel. Cukup taburkan biogel ke dalam pot hingga menutupi permukaan media. Menggunakan biogel berarti Anda tidak perlu melakukan penyiraman rutin. Jangan lupa untuk menaburkan kembali biogel apabila terlihat sudah mengecil dan mengering.

1-bagaimana-fengshui-anggrek-di-dalam-kamar-tidur-1

Perlu diingat bahwa anggrek merupakan tanaman sehingga tetap perlu melakukan proses fotosintesis. Proses ini berlangsung di siang hari dan memerlukan cahaya matahari. Oleh sebab itu, jika memungkinkan letakkan tanaman ini di dekat jendela kamar dan mendapat sinar matahari. Tanaman yang mendapat sinar matahari cukup tentu akan tumbuh dengan subur dan akan sering berbunga.

Sebagian orang seringkali membuang tanaman anggrek ketika bunganya sudah mulai layu. Sayangnya, banyak orang tidak tahu bahwa walaupun bunga angrek sudah layu, tanaman anggrek itu sendiri masih tetap hidup. Oleh sebab itu, simpanlah tanaman anggrek kesayangan Anda dengan penuh kasih dan lihatlah tanaman tersebut akan berbunga tiap tahunnya.

oleh:
Ekakarya Graha Flora

Facebook Comments