Seperti apakah kualitas leadership anda?

0
219

Jika anda saat ini sebagai seorang pemimpin pada suatu institusi, baik itu institusi pemerintahan atau swasta, maka dari tulisan ini anda dapat menilai diri sendiri seperti apakah kualitas kepemimpinan (leadership) anda di tempat anda bekerja atau di perusahaan yang anda pimpin.

keberhasilan suatu perusahaan tentu sangat tergantung kepada seorang pemimpinnya, maka menjadi penting kalau suatu perusahaan atau institusi untuk memiliki seorang pemimpin yang cerdas dan dapat membawa perusahaannya berkembang dan dapat mendidik pegawainya sehingga perusahaan tersebut dapat memiliki asset Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

dalam tulisan ini kategori pemimpin dibagi menjadi 4 klasifikasi dalam tulisan ini penulis meminjam istilah islam yaitu Pemimpin Wajib, Pemimpin Sunah, Pemimpin Makruh dan Pemimpin Haram dan apa itu Pemimpin Wajib, Pemimpin Sunah, Pemimpin Makruh dan Pemimpin Haram ??

Pemimpin Wajib adalah pemimpin yang disukai dan dicintai oleh seluruh tim kerjanya, oleh seluruh anak buahnya dan secara finansial pemimpin ini dapat memberikan keuntungan besar dan sangat bermanfaat bagi kemajuan perusahaan nya. kehadiran pemimpin wajib seperti ini sangat diharapkan oleh perusahaan dan diharapkan juga keberadaannya oleh seluruh pegawainya.

Pemimpin Sunah yaitu pemimpin yang tidak disukai dan tidak dibenci oleh kebanyakan anak buahnya tetapi memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan yang dipimpinnya. Sehingga secara hubungan antar manusia keberadaan pemimpin type ini tidak berpengaruh bagi para pegawai namun sangat berpengaruh bagi jalannya perusahaan.

Pemimpin Makruh adalah pemimpin yang tidak disukai juga tidak dibenci oleh kebanyakan pegawainya dan tidak dapat memberikan keuntungan besar bagi perusahaan yang dipimpinnya, jadi perusahaan yang dipimpin oleh pemimpin type ini hanya sekedar dapat beroperasi tetapi perusahaannya tidak dapat berkembang sehingga keberadaan pemimpin ini bagi perusahaan sama sekali tidak ada pengaruhnya.

Pemimpin Haram adalah pemimpin yang dibenci atau tidak disukai oleh kebanyakan pegawai dan secara finansisal dan sosial sama sekali tidak mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan, sehingga keberadaan pemimpin tersebut sangat tidak diharapkan oleh seluruh pihak yang terkait dengan perusahaan tersebut.

Dari 4 (empat) kategori pemimpin tersebut diatas, silahkan introspeksi masuk dalam kategori yang manakah kualitas leadership anda ??

Bahar

Facebook Comments